Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Payudara berprotein tinggi berisiko terkena kanker

Payudara berprotein tinggi berisiko terkena kanker Ilustrasi. merdeka.com/elteide.es

Merdeka.com - Studi terbaru menyebutkan bahwa ada hubungan yang erat antara minum alkohol dan kanker payudara. Namun wanita dengan kandungan protein lebih banyak pada payudara mereka dan minum alkohol terlalu sering akan melipatgandakan risiko serangan kanker payudara.

Protein pada payudara yang disebut dengan CYP2E1 dipercaya sebagai pemecah ethanol, senyawa yang ditemukan pada alkohol. Proses pemecahan tersebut membuat radikal bebas tercipta dan merusak membran sel serta DNA dalam tubuh. Selain itu, radikal bebas pun akan memicu penyakit kanker seseorang.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa ethanol yang terkontaminasi protein CYP2E1 akan meningkatkan produksi radikal bebas yang bisa memicu kanker. Jadi jika Anda seorang wanita dengan protein CYP2E1 berlebih pada payudara dan gemar minum alkohol, maka ada risiko yang lebih besar untuk terserang kanker payudara daripada wanita dengan protein CYP2E1 rendah," terang salah satu peneliti, Maria de Lourdes Rodriguez-Fragoso, dari Autonomous University, seperti yang dikutip dari Daily Mail (26/04).

Hasil studi yang telah dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American Society for Biochemistry and Molecular Biology di San Diego ini juga menyebutkan bahwa wanita dengan kandungan protein CYP2E1 biasanya pernah menjalani operasi plastik pada bagian payudaranya. Selain itu, protein CYP2E1 juga ditemukan pada sel penyebab kanker payudara yang membuat para ahli semakin yakin bahwa penelitian lebih jauh mengenai protein tersebut sangat perlu dikembangkan untuk menemukan metode penyembuhan kanker yang lebih canggih. (mdk/riz)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP