Ini penyebab mimisan pada orang dewasa!

    Reporter : Destriyana | Rabu, 17 Juli 2013 19:08

    Ini penyebab mimisan pada orang dewasa!
    Ilustrasi mimisan. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Ilya Andriyanov

    Merdeka.com - Mimisan, atau dalam istilah medis disebut epistaksis, terjadi ketika perdarahan di hidung melepaskan darah melalui lubang hidung. Dalam kebanyakan kasus, mimisan umumnya keluar dari septum hidung, tetapi beberapa juga kelur dari bagian lebih di hidung. Meskipun mimisan terlihat menakutkan, sebagian besar kondisi yang menyebabkan mimisan tidak begitu serius atau mengancam nyawa Anda. Berikut adalah penyebab dari mimisan yang seringkali dialami oleh orang dewasa, seperti dilansir Livestrong.

    Fraktur nasal

    Fraktur nasal terjadi ketika trauma fisik pada hidung menyebabkan kerusakan tulang rawan di hidung. Fraktur nasal biasanya terjadi sebagai akibat dari cedera selama berolahraga, jatuh atau kecelakaan. Segera setelah kecelakaan, rasa nyeri akan menjalari hidung Anda. Kemudian hidung mulai berdarah, dan Anda akan menjadi sulit bernapas. Bagian dalam dan luar hidung kemudian membengkak, dan muncul memar di bawah dan di sekitar mata, menurut American Academy of Otolaryngology.

    Septum menyimpang

    Septum hidung adalah dinding tipis yang memisahkan rongga hidung menjadi dua bagian. Dalam kasus ideal, septum hidung membagi saluran hidung menjadi dua ruang yang sama. Mereka dengan septum menyimpang memiliki septum hidung yang miring ke satu sisi hidung, yang membuat salah satu bagian hidung yang lebih kecil dari yang lain. Septum menyimpang bisa muncul pada saat kelahiran atau mungkin akan berkembang di kemudian hari sebagai akibat dari cedera hidung. Gejala septum menyimpang meliputi mimisan, kesulitan bernapas, hidung tersumbat, infeksi sinus berulang dan bunyi tarikan napas yang bising saat tidur, menurut MayoClinic.com.

    Penyakit von Willebrand

    Darah mengandung protein yang disebut faktor koagulasi yang memungkinkan darah untuk membeku untuk menghentikan pendarahan. Jika salah satu dari protein ini hilang, darah tidak bisa menggumpal dengan benar, yang mengakibatkan pendarahan berlebihan atau abnormal. Penyakit von Willebrand adalah penyakit keturunan di mana faktor von Willebrand hilang dari darah. Hal ini menyebabkan perdarahan dari menstruasi, gusi, dan luka memar, ruam kulit dan mimisan jadi tidak normal dan cenderung berlebihan. Sebagian besar kasus penyakit von Willebrand adalah ringan dan dapat dikontrol dengan obat-obatan, menurut MedlinePlus. Beberapa kasus mungkin memerlukan suntikan reguler plasma darah yang mengandung faktor von Willebrand.

    Inilah beberapa hal yang dapat menyebabkan mimisan pada orang dewasa. Meski terdengar tidak membahayakan, bukan berarti mimisan tidak berbahaya sama sekali. Anda tetap harus waspada terhadap kondisi tersebut.

    [des]

    Komentar Anda


    Suka artikel ini ?
    Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


    JANGAN LEWATKAN BERITA
    Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

    Let's be smart, read the news in a new way.
    Tutup
    Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
    Kirim ke

    Free Content

    • URL Blog

    • Contoh : merdeka.wordpress.com

    • Email

    • Password


    saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






    Be Smart, Read More
    Back to the top
    Today #mTAG
    LATEST UPDATE
  • Tim intel TNI tangkap 6 penyadap ilegal 15 ton kondensat
  • Ormas pendukung Tommy jadi presiden titip pesan buat Muktamar NU
  • Cari 7 ABG yang hilang di Gunung Lawu, 6 jalur pendakian diobok-obok
  • KPK dalami asal uang suap hakim PTUN dari pengusaha Sumut
  • Tol Tanjung Priok di bangun ulang, kontraktor rogoh kocek Rp 1,4 T
  • Meski sepakat damai, Musdalifah tak ingin cabut gugatan cerai
  • Oppo Mirror 5, hadir dengan spesifikasi berbeda untuk Indonesia
  • Mendagri sedih gubernur Sumut jadi tersangka korupsi
  • Patrick Stewart muncul di lokasi syuting 'X-MEN', ikut main lagi?
  • Kemendag: KPK sudah akui kualitas dwelling time lebih baik
  • SHOW MORE