Cegah kerusakan tulang dengan diet mediterranean
Merdeka.com - Menjalani diet mediterranean yang dilengkapi dengan minyak zaitun selama dua tahun adalah cara mudah untuk mencegah kerusakan tulang.
Peneliti menemukan bahwa melakukan diet ini dan mengonsumsi minyak zaitun akan mencegah kerusakan tulang terkait dengan usia, seperti osteoporosis dan patah tulang.
"Konsumsi minyak zaitun telah dikaitkan dengan pencegahan osteoporosis dalam penelitian," kata Jose Manuel Fernandez-Real, dari Hospital Dr Josep Trueta di Girona, Spanyol, ketua penelitian.
"Ini adalah penelitian acak pertama yang menemukan manfaat minyak zaitun bagi kekuatan tulang," tambahnya, seperti dilansir oleh Times of India (16/08).
Hasil tersebut didapatkan saat ilmuwan mengamati 127 partisipan dengan rentang usia 55 - 80 tahun, selama dua tahun.
Para partisipan adalah orang yang tak memiliki penyakit jantung, namun memiliki riwayat penyakit diabetes tipe-2, tekanan darah tinggi, dan riwayat penyakit jantung pada keluarganya.
Partisipan dibagi dalam tiga kelompok. Kelompok pertama menjalani diet mediterranean dengan tambahan kacang-kacangan. Kelompok kedua menjalani diet mediterranean dengan tambahan minyak zaitun, dan kelompok ketika menjalani diet rendah lemak.
Setelah itu, selama dua tahun ilmuwan mengukur kadar osteocalcin, glukosa, kolesterol, kolesterol HDL, dan trigliserida.
Hasilnya, di antara ketiga kelompok tersebut, hanya kelompok kedua yang memiliki peningkatan dalam jumlah osteocalcin dan zat lain yang diperlukan dalam pembentukan tulang.
"Penelitian ini menunjukkan bahwa minyak zaitun yang dikonsumsi oleh kelompok dua berkaitan dengan peningkatan zat yang berguna untuk memperkuat tulang," kata Fernandez-Real.
Selanjutnya hasil penelitian ini akan diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism (JCEM) milik Endocrine Society. (mdk/kun)
Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya