3 Perubahan seksual pada pria di atas 50 tahun

Reporter : Kun Sila Ananda | Rabu, 27 Maret 2013 05:33




3 Perubahan seksual pada pria di atas 50 tahun
Ilustrasi pria sedih. ©Shutterstock.com/shooarts

Merdeka.com - Berbicara tentang kehidupan seksual pada pria di atas usia 50 tahun, semua orang pasti berpikiran tentang ereksi. Padahal sebenarnya perubahan seksual yang dialami oleh pria pada usia 50 tahun ke atas tak melulu mengenai ereksi.

Berdasarkan ahli seksual dan hubungan romantis Joe Kort, pria di atas usia 50 tahun mengalami beberapa perubahan seksual sebagai berikut, seperti dilansir oleh Huffington Post (25/03).

1. Pria merasa lebih dekat dengan pasangan seks
Stereotip yang berkembang di masyarakat adalah bahwa pria biasanya bercinta hanya karena kebutuhan biologis. Namun sebenarnya pria dan wanita memiliki tingkat hormon oxytocin, atau hormon cinta, yang sama. Hormon ini berfungsi untuk membangun kedekatan dan ikatan antar pasangan seksual. Sementara itu, berbeda dengan wanita, pria juga memiliki hormon testosteron yang menangkal efek dari hormon oxytocin sehingga membuat pria tampak tak terikat dengan pasangannya.

Ketika berusia 40 tahun, hormon testosteron pria mulai berkurang dan sangan rendah ketika berusia 50 tahun. Namun karena tingkat oxytocin tetap sama, maka pria merasakan ikatan yang lebih dalam dengan pasangan seks mereka ketika berusia 50 tahun. Hal ini seringkali membuat kebanyakan pria kaget dan heran karena merasa sangat terikat dengan pasangan mereka.

2. Pria lebih terbuka untuk mengungkap seksualitas
Wanita cenderung lebih terbuka mengenai fantasi seksual mereka dan memiliki berbagai cara untuk menunjukkan keintiman dengan pasangan. Namun ini bisa juga terjadi pada pria di atas 50 tahun. Pertahanan pria tidak sekuat sebelumnya. Hal ini membuat mereka lebih terbuka membicarakan fantasi seksual dengan pasangan atau menunjukkan keintiman dengan berbagai cara, bahkan cara yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya.

3. Pria termotivasi oleh rasa takut
Pada usia 50 tahunan pria bisa tiba-tiba menginginkan wanita yang lebih muda dan sempurna. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa pria berusia di atas 50 tahun menginginkan seseorang yang bisa memberikan keturunan bagi mereka, seseorang yang muda. Namun ini bukan masalah perselingkuhan, salah, atau benar. Pria sedang mengalami kepanikan. Di dalam diri mereka, pria mengalami rasa takut karena waktu mereka semakin habis. Mereka berpikir bahwa bisa jadi mereka tak bisa menarik wanita muda lagi. Dengan kata lain, pria mulai kehilangan kepercayaan dirinya.

Tiga hal di atas adalah perubahan yang terjadi pada pria di usia mereka yang mulai lebih dari 50 tahun. Apakah Anda juga mengalami hal yang sama?

[kun]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Konsumsi 13 makanan paling sehat di dunia ini [Part 2]
  • Ini saran Rachmat Gobel untuk industri hadapi kenaikan harga BBM
  • Haji Lulung, tunggangi Lamborghini urusan dengan polisi
  • Aksi menggemparkan mahasiswa UGM hina Yogyakarta
  • Gara-gara Facebook ibu, sang anak dikeluarkan dari sekolah
  • Ini alasan Daniel Mananta tantang Jokowi dan Prabowo
  • Golkar lebih berpengalaman ikut dalam pemerintahan
  • Avanza terbakar di SPBU Sentul saat mengisi BBM
  • Rachmat Gobel: BBM harus naik agar Jokowi bisa jalankan program
  • Menag ingin Kompetisi Sains Madrasah jadi even internasional
  • SHOW MORE