Diminta mundur, kubu Anas serang balik Jero Wacik

Reporter : Randy Ferdi Firdaus | Senin, 4 Februari 2013 14:11




Diminta mundur, kubu Anas serang balik Jero Wacik
Jero Wacik. merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Ketua Divisi Eksternal dan Lembaga Swadaya Masyarakat Partai Demokrat (PD) Andi Nurpati mengatakan, tak setuju dengan wacana melengserkan Anas Urbaningrum dari kursi Ketua Umum. Merosotnya elektabilitas partai mengharuskan kader untuk evaluasi, bukan meminta Anas mundur.

"Hal ini sudah semakin menuntut saatnya kinerja DPP Partai Demokrat dievaluasi dan diperbaiki, apalagi sudah masuk tahapan pemilu," kata Andi di Jakarta, Senin (4/1).

Dia beranggapan, wajar bila para petinggi dan deklarator PD khawatir dengan kondisi yang sangat mengkhawatirkan. Terkait itu, dia meminta Ketua Dewan Pembina PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turun tangan membenahi kisruh tersebut.

"Sangat wajar jika pendiri Partai Demokrat prihatin yang tinggi dengan situasi ini. Dengan situasi ini tentu sudah saatnya meminta SBY turun langsung menyelesaikan masalah ini untuk mendongkrak kembali posisi Partai Demokrat," imbuhnya.

Sementara, Sekretaris Departemen Pemberantasan Korupsi dan Mafia Hukum PD Carrel Ticualu mengungkapkan, merosotnya elektabilitas partai bukan hanya tersangkutnya Anas dalam kasus Hambalang, tapi kinerja para menteri dari PD dinilai buruk.

"Sangat tidak elok apabila turunnya elektabilitas Partai Demokrat dibebankan tanggung jawabnya hanya kepada seorang Anas Urbaningrum. Padahal banyak elemen terkait sebagai partai pemerintah yang kinerjanya juga menjadi sorotan, di antaranya kinerja para menteri dari Partai Demokrat," kata Carrel saat dikonfirmasi merdeka.com.

Dia melanjutkan, buruknya citra partai merupakan tanggung jawab seluruh kader Demokrat. Bukan semata mempersalahkan Anas atas buruknya elektabilitas partai.

"Karena itu tidak bisa dibebankan tanggung jawabnya hanya pada seseorang aja. Semua kader ikut berkontribusi terhadap naik-turunnya elektabilitas partai," imbuhnya.

Wacana melengserkan Anas juga ditolak akar rumput Partai Demokrat. Salah satunya, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PD Cilacap Tridianto. Tidak tanggung-tanggung, DPC Cilacap meminta Jero tidak memperkeruh suasana internal partai.

Sebab, konsolidasi partai di daerah sangat solid untuk menyusun strategi pemenangan bagi Demokrat di 2014.

"Tahun 2013 itu tahun konsolidasi, jangan malah elite di atas bikin kisruh, menteri baiknya fokus bekerja, sabtu minggu turun ikut konsolidasi, jangan hanya enak-enakan jadi menteri, bahkan malah bikin suasana kisruh," kata Tri saat dihubungi secara terpisah.

Dia menambahkan, dalam Silaturahmi Nasional dan Rakernas seluruh kader Demokrat sudah memiliki tujuan jelas, yaitu kader bekerja keras meningkatkan elektabilitas untuk meraih kemenangan di pemilu 2014.

"Karena di tingkat DPC tidak ada masalah dan sedang bekerja bagaimana Partai Demokrat menang lagi di 2014. Tidak ada dasar nya meminta ketua umum mundur karena jelas tidak ada bukti ketua umum terlibat apa yang di tuduhkan oleh Nazaruddin selama ini. Kami yang di daerah yakin, SBY sebagai ketua dewan pembina kami dan Anas sebagai ketua umum, kami bisa membawa Partai Demokrat menang kembali di tahun 2014," ujarnya optimis.

Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat Jero Wacik telah mengumpulkan elite Partai Demokrat. Jero mengaku gerah dengan pemberitaan seputar Anas yang tersangkut korupsi Hambalang. Mereka menilai Anas telah menyandera Demokrat dan membuat popularitas partai ini menurun.

"Anas sebagai sandera politik 2014, bisa seperti itu kita ingin kasusnya cepat diselesaikan KPK. Kalau terlibat bilang iya, kalau tidak bilang tidak. Kan pemberitaan Anas tiap hari, salah satu yang membuat popularitas Demokrat turun," kata Jero di rumahnya di Pondok Aren, Tangerang, Minggu (3/2).

[tyo]
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Masalah perbekingan bikin TNI-Brimob tak pernah akur di Batam
  • DPR kebut revisi UU MD3, DPD tak dilibatkan
  • Wakili generasi muda, Reza Rahadian siap promosikan 'FFI 2014'
  • Ikuti jejak suami, Lee Min Jung diam-diam kembali ke Korea
  • Tak lagi ditakuti, Timnas Indonesia turun derajat
  • 4 Janji manis Menteri Anies Baswedan untuk guru
  • Kapolri pimpin upacara pemberangkatan Satgas FPU VII ke Sudan
  • Kampus Saudi larang mahasiswi pakai jilbab berwarna
  • Polemik para koruptor boleh kuliah S2
  • Nekat mengundang petaka!
  • SHOW MORE