Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

5 Hasil suara parpol mengejutkan di Pemilu 2014

5 Hasil suara parpol mengejutkan di Pemilu 2014 Kampanye PKB di Pulomas. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Sejumlah lembaga survei merilis hasil quick count dan exit poll perolehan suara Pemilu 2014. Walau angka setiap quick count tak sama persis, namun hasilnya tak jauh berbeda.

Posisi pertama ditempati Partai Demokrasi Perjuangan Indonesia ( PDIP ) dengan perolehan suara sekitar 19-19,5%. Lalu Partai Golkar di nomor dua dengan 14-14%. Disusul Gerindra dengan 11-12%.

Hasil Pemilu ini cukup mengejutkan. Banyak suara partai yang di luar prediksi. Peta politik dan lobi-lobi politik pun dinilai akan makin memanas.

Berikut fakta-fakta mengejutkan seputar perolehan suara partai berdasarkan quick count tersebut.

PKB melejit 9 persen

Partai yang tak disangka-sangka melejit adalah Partai kebangkitan Bangsa. Sejumlah quick count merilis Pemilu 2014, partai ini mendapat suara antara 8-9%. Di Pemilu 2009, PKB hanya mendapat suara 4,94%Hal ini mengejutkan. Selama ini PKB jauh dari gembar-gembor manuver politik. Mereka juga selalu direcoki perselisihan antara keluarga Gus Dur. Namun nyatanya tahun ini PKB sukses besar.peneliti CSIS Philips J. Vermonte menyatakan hasil ini adalah bukti perkembangan positif partai besutan Muhaimin Iskandar itu. Dia juga mengatakan ini adalah pembuktian kerja keras dan kekompakan internal PKB."PKB lebih solid ketimbang 2009. Ketika saat itu konflik internal melanda keras. Muhaimin berhasil mengonsolidasikan partai dan meraup suara," kata Philips dalam jumpa pers, Rabu (9/4).Philips menambahkan, banyak perubahan terjadi di tubuh PKB turut membawa angin segar. Salah satunya dengan bergabungnya Presiden Direktur Lion Air, Rusdi Kirana.

Gerindra naik dua kali lipat

Suara Partai Gerindra naik dua kali lipat lebih dari 4,46 persen menjadi sekitar 11-12%. Sekretaris Jenderal Gerindra, Ahmad Muzani mengaku hasil partainya tersebut merupakan usahanya selama 5 tahun terakhir.Perolehan fantastis ini akibat efek dari Ketua Dewan Pembina partainya, Prabowo Subianto (Prabowo effect). Menurut Direktur Eksekutif Cyrus Network, Hasan Hasbi, ada beberapa faktor mengapa Gerindra mampu melesat pada pemilihan umum kali ini."Gerindra memetik hikmah sebagai oposisi walaupun baru lima tahun belakangan. Tidak banyak berita negatif tentang partai ini. Bisa jadi faktor figur Prabowo membantu partai ini," kata Hasan dalam jumpa pers di Pakarti Centre, Jakarta, Rabu (9/4).Sementara itu menurut peneliti CSIS, Philips J. Vermonte, Gerindra berhasil membina pemilih loyal. "Dari beberapa survei hasilnya diketahui pemilih Gerindra adalah pemilih yang loyal ke partai. Walaupun Jokowi populer, tapi mereka terbukti tidak terpengaruh dan memilih Gerindra," ujar Philips.

Partai NasDem langsung menyodok

Partai Nasional Demokrat (NasDem) langsung menyodok di palagan pertamanya. Partai besutan Surya Paloh ini bisa meraup 6-7% suara. Sebagai partai baru tentu hal ini membanggakan.Menurut peneliti CSIS, Philips J. Vermonte Partai Nasdem membuktikan diri sebagai partai yang masih kompak meski pendatang baru. Apalagi ini adalah pemilu pertama buat partai itu. Dengan hasil ini, lanjut dia, Nasdem diperkirakan bakal meramaikan kursi parlemen di Senayan."Performa Nasdem cukup baik dalam pemilu kali ini," kata Philips.Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengaku puas hitung cepat pemilihan legislatif berdasarkan lembaga survei. Menurutnya sebagai partai baru bisa mendapat suara di kisaran 6-7 persen adalah sebuah prestasi."NasDem berterima kasih kepada masyarakat. Kami bersyukur dapat konsolidasi optimal dan ikut sebagai peserta pemilu yang berhasil memperoleh 7 persen sebuah prestasi," kata Paloh saat konpers di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta Pusat, Rabu, (9/4).

Hanura rajin iklan, hasil jeblok

Partai Hanura diprediksi hanya mengantongi 5-6% suara. Bukan hal yang menggembirakan jika dibanding gencarnya pasangan Wiranto-Hary Tanoe muncul di jaringan media MNC. Sampai ada kuis khusus WIN-HT dan masuk ke sineron, namun hasilnya tetap jeblok."Hanura paling banyak dilihat di televisi, tetapi ini tampak tidak berpengaruh signifikan pada Hanura," Peneliti senior Indikator Politik Indonesia Kuskridho Ambardi saat merilis hasil Exit Poll Indikator Politik Indonesia, Rabu (9/4).Justru, lanjut Ambardi, sosialisasi yang ditempuh PDIP yang lebih gencar mengunjungi pemilih dan sosialisasi luar ruang, seperti spanduk, stiker dan poster dianggap cukup memberi efek terhadap pilihan koresponden."Sosialisasi cara PDIP ini lebih berefek," ujarnya.

Jokowi Effect tak angkat PDIP

PDI Perjuangan menjadi juara Pemilu 2014. Namun partai banteng ini hanya meraih 19,5 persen suara. jauh dari target mereka 27 persen saat mengusung Jokowi menjadi capres.Rupanya Jokowi Effect tak sehebat perkiraan PDIP. Jokowi memang mendongkrak suara partai, tetapi tak sekuat yang mereka duga.Direktur Eksekutif Cyrus Network, Hasan Hasbi, memiliki pendapat senada dengan Philip. Menurut dia, deklarasi Joko Widodo buat bertarung dalam bursa pemilihan presiden tidak terbukti mendongkrak perolehan suara PDIP."Faktanya hari ini, efek Jokowi yang dikabarkan bisa menggerek perolehan suara PDIP ke angka 30 persen itu sulit terjadi. Ini jadi isu baru di internal PDIP," kata Hasan.

(mdk/ian)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Mengejutkan, Ini Perolehan Suara PSI dan PPP di Pemilu 2024

Mengejutkan, Ini Perolehan Suara PSI dan PPP di Pemilu 2024

KPU mengumumkan hasil rekapitulasi perolehan suara partai politik Pemilu 2024

Baca Selengkapnya
4 Partai Pemenang Pemilu 1955, Lengkap dengan Sejarah dan Kiprahnya

4 Partai Pemenang Pemilu 1955, Lengkap dengan Sejarah dan Kiprahnya

Merdeka.com merangkum informasi tentang 4 partai pemenang pemilu 1955, sejarah, kiprahnya di dalam dunia perpolitikan.

Baca Selengkapnya
Ini Daftar Caleg Dapil Banten Lolos Senayan, Ada Nama Dasco hingga Airin

Ini Daftar Caleg Dapil Banten Lolos Senayan, Ada Nama Dasco hingga Airin

Pengumuman hasil rekapitulasi nasional perolehan suara Pilpres dan Pileg 2024, berdasarkan berita acara KPU nomor 218/PL.01.08-BA/05/2024.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Media Sosial Mulai Hangat Jelang Pemilu 2024, Ini Pesan Kapolri

Media Sosial Mulai Hangat Jelang Pemilu 2024, Ini Pesan Kapolri

Jenderal Bintang Empat tersebut pun mewanti-wanti pentingnya menjaga kerukunan dan perdamaian selama proses pemilu.

Baca Selengkapnya
Masih Lengkapi Berkas, Polisi Bakal Periksa SYL Usai Pemilu 14 Februari 2024

Masih Lengkapi Berkas, Polisi Bakal Periksa SYL Usai Pemilu 14 Februari 2024

Pemeriksaan diperlukan untuk melengkapi berkas perkara sesuai petunjuk jaksa penuntut umum.

Baca Selengkapnya
Mengenaskan, Pria Ini Ikut 238 Pemilu dalam 30 Tahun Terakhir dan Belum Pernah Menang

Mengenaskan, Pria Ini Ikut 238 Pemilu dalam 30 Tahun Terakhir dan Belum Pernah Menang

K. Padmarajan mendapat julukan "Raja Pemilu" setelah terlibat dalam 238 proses pemilihan politik dan tidak pernah berhasil.

Baca Selengkapnya
Beda Nasib dengan Komeng, Berikut Perolehan Sementara Suara Opie Kumis hingga Dede Sunandar di Pemilu

Beda Nasib dengan Komeng, Berikut Perolehan Sementara Suara Opie Kumis hingga Dede Sunandar di Pemilu

Para pelawak itu bersaing memperebutkan suara dari daerah pemilihan masing-masing dengan kolega satu partai maupun partai politik lain.

Baca Selengkapnya
Memasuki Tahun Politik, Plt Ketum PPP Ajak Kader Ketuk Pintu Langit Jemput Kemenangan

Memasuki Tahun Politik, Plt Ketum PPP Ajak Kader Ketuk Pintu Langit Jemput Kemenangan

Dia mengajak semua pengurus dan kader bergandengan tangan dan bergerak menyapa masyarakat, raih elektoral secara maksimal, seraya terus mengetuk pintu langit.

Baca Selengkapnya
Partai Pemenang Pemilu 2019, Lengkap dengan Persentasenya

Partai Pemenang Pemilu 2019, Lengkap dengan Persentasenya

Pantai pemenang pemilu 2019 adalah PDIP. PDIP berhasil meraih posisi pemenang dengan jumlah kursi terbanyak di parlemen.

Baca Selengkapnya