Pemerintah harus disalahkan soal gambar Soeharto

Reporter : Baiquni | Jumat, 22 Februari 2013 21:06




Pemerintah harus disalahkan soal gambar Soeharto
Soeharto, Iseh Penak Zaman ku To?. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Koordinator Gerakan Indonesia Baru (GIB) Adhie Massardi menilai beredarnya gambar mantan Presiden Soeharto yang dibarengi tulisan 'Iseh Penaj Zamanku To?' sebagai hal yang ironis. Menurut dia, pemerintah patut dipersalahkan dengan adanya gambar ini.

"Ini memang menyedihkan bahwa seolah-olah zaman Soeharto itu lebih baik dan ini yang harus kita salahkan adalah pemerintahan sekarang ini yang membuat pemerintahan di zaman orde baru menjadi baik karena dia (pemerintah sekarang) membuat seolah-olah pemerintahan lebih buruk dibandingkan pemerintahan orde baru," ujar Adhie saat berbincang dengan merdeka.com di kawasan Cikini, Jakarta, Jumat (22/2).

Adhie lebih bersepakat jika keberadaan gambar itu tidak dilihat sebagai bentuk kerinduan masyarakat dengan zaman orde baru. Menurut dia, gambar tersebut merupakan ekspresi masyarakat yang sudah putus asa dengan pemerintahan saat ini.

"Saya melihatnya ini memang cara rakyat mengkritik lah. Rakyat sudah putus asa sehingga dia mengekspresikannya dengan gambar tersebut," kata Adhie.

Adhie juga memandang, gambar tersebut merupakan alternatif yang sengaja diambil masyarakat karena tidak memiliki akses untuk menyatakan pendapat. "Kalau yang bisa aksi kan melakukan aksi. Jadi yang tidak bisa, yang diam-diam ini, hanya mengatakan dengan memasang gambar-gambar semacam itu, dia merasa sudah mengekspresikan kemarahannya," terang dia.

Selanjutnya, Adhie menyebut kritik yang disampaikan dalam bentuk gambar ini merupakan hal yang naif dan ironis dan pernah terjadi sebelumnya, yakni masa pascakemerdekaan. "Ini sudah ada dalam budaya di masyarakat kita, karena dulu kan juga berkembang bahwa zaman Belanda itu lebih baik, sehingga apa yang disebut orang tua kita normal itu di zaman 30-an, di zaman Belanda," ungkap dia.

Selain itu, Adhie juga tidak bersepakat jika keberadaan gambar-gambar itu sengaja disebar oleh pihak tertentu demi kepentingan politik, terutama oleh mereka yang pernah terlibat dengan orde baru. Menurut dia, orang-orang yang merasa menjadi bagian dari orde baru tidak boleh berkuasa lagi di zaman sekarang.

"Ini tidak bisa diartikan bahwa orang-orang ingin kembali ke zaman itu. Karena kalau kita lihat, misalnya, dalam pemilu lalu, parpol yang dikelola oleh anak Soeharto toh tidak dipilih juga. Jadi bukan kemudian orang-orang yang merasa bagian dari orde baru boleh berkuasa lagi," pungkas Adhie.

Baca juga:
6 Jenderal berani tantang kediktatoran Soeharto
5 Cerita Malaysia hormati Presiden Soeharto
Cerita Soeharto mau diperas kiai
Kisah dekatnya Soeharto dan anak-anak Indonesia
Kisah Pak Harto tolak perintah Bung Karno tangkap atasan
Soeharto jawab isu punya selir bintang film
5 Kesederhanaan Soeharto soal pakaian sampai pengawalan

[lia]

KUMPULAN BERITA
# Soeharto

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Israel kecam keputusan Swedia akui negara Palestina
  • Rambut sering rontok karena ada masalah pada gigi?
  • Beri kejutan, para member SNSD datang ke lokasi syuting Sooyoung
  • Mabes Polri: Muktamar PPP kubu SDA tidak berizin
  • Andi Widjajanto dipilih jadi Sekretaris Kabinet Jokowi
  • Dituduh bangkit dari bubur, ini jawaban Norman Kamaru
  • Ini 5 calon ketua umum PPP di muktamar kubu SDA
  • Lantik pimpinan DPR tandingan, Kubu Jokowi ingin MA hadir
  • Kubu Jokowi gelar rapat paripurna DPR tandingan, ini agendanya
  • Galaxy A Series, 3 'Senjata' baru Samsung siap rilis November
  • SHOW MORE