Lihat massa Gus Dur makin ganas, Sutan akhirnya minta maaf

Reporter : Lia Harahap | Kamis, 29 November 2012 07:49




Lihat massa Gus Dur makin ganas, Sutan akhirnya minta maaf
Sutan Bhatoegana. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Pepatah mulut mu harimau mu agaknya sangat tepat ditujukan untuk Politikus Partai Demokrat Sutan Bhatoegana . Pasalnya, gara-gara menyebut dengan gamblang KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur lengser dari kursi kepresidenan karena korupsi, kini Sutan menuai kecaman dari massa Gusdurian maupun warga Nahdiyin di seluruh Indonesia.

Kasus ini bermula ketika Sutan dan mantan jubir era Gus Dur , Adhie M Massardi , diundang di acara yang sama di sebuah stasiun swasta. Saat itu keduanya terlibat perdebatan alot. Adhie Massardi menyindir kinerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang juga ketua Dewan Pembina Demokrat. Panas dengan ucapan Adhi, Sutan kemudian membalas sentilan itu dengan menyebut Gus Dur terlibat kasus korupsi Buloggate dan Bruneigate.

Sontak saja ucapan Sutan saat itu menuai protes dan kritik pedas. Massa pendukung Gus Dur di daerah pun bergerak. Sampai hari Rabu (28/11) atau dua hari pasca tayangan debat itu ditayangkan, Sutan terus diserang, dicacimaki bahkan diancam dengan berbagai ancaman.

Di daerah seperti Jawa Timur, yang menjadi basis pendukung Gus Dur , massa terus menggelar unjuk rasa mendemo Sutan. Mereka membakar foto Sutan, bahkan menyuruh Sutan minta maaf dalam 2x24 jam secara terbuka di media. Jika hal itu tidak dilakukan, mereka mengancam akan mengepung rumah Sutan di Jakarta dan mempolisikan rumah ketua Komisi Energi di DPR itu.

Di internal Demokrat sendiri, dukungan pada Sutan pun terpecah. Jika Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum dengan sigap meminta maaf atas ucapan Sutan, lain halnya dengan Wakil Ketua Dewan Pembina Marzuki Alie. Marzuki malah senang dan mendukung rekannya di partai dipolisikan.

"Ya bagus, saya dukung. Biar jelas hukum ditegakkan daripada anarkisme. Saya dukung. Saya juga NU, ketua Dewan Ahli NU," kata Marzuki.

Awalnya Sutan tak takut dengan berbagai ancaman tersebut. Dia siap membuktikan ucapannya di pengadilan.

"Mereka katakan 1X24 jam Sutan kalau tidak meminta maaf mereka lapor polisi. Itu lebih baik menurut saya, biar pengadilan nanti yang selesaikan. Siapa yang melapor, tapi saya khawatir yang melapor malah kena tangkap, karena tidak ada saya bilang begitu (menghina Gus Dur )," kata Sutan sehari setelah kejadian tepatnya Selasa (27/11).

Sutan sadar ucapannya kala itu sangat ceroboh dan melukai hati keluarga besar dan pendukung Gus Dur . Tapi dia berkilah perkataan itu dia lontarkan karena Adhie lebih dulu menyerang bos Sutan di partai.

"Jangan saya suruh minta maaf, kalau saya lakukan digarisbawahi orang Sutan bersalah, saya tidak bersalah. Masa saya dibilang fitnah," kata Sutan membela diri.

Apapun pembelaan Sutan tetap saja kaum Nahdliyin dan keluarga terlanjur terluka. Bahkan anak-anak Gus Dur , Alissa Wahid menanggapi ulah Sutan dalam akun Twitter resmi miliknya @Alissawahid.

"Banyak yang mention soal Sutan Batoegana & tuduhan #GusDur lengser karena korupsi Bulog & Bruneigate. Bapak itu kurang piknik ya," tulis Alissa ditanggal 26 November.

"Politisi yang (sudah) tidak punya kredibilitas dan integritas, bagaimana bisa menjadi penyalur aspirasi rakyat?," kicau Alissa kembali pada 27 November.

"Be the cause, not the effect. Jadilah sebab, bukan jadi akibat. Ayo putar situasi Sutan Batugana untuk kebaikan kita semua," posting Alissa beberapa jam kemudian di hari yang sama.

Bahkan saat melihat pendukung Gus Dur bersuara, Alissa coba menenangkan.

"Keluarga Ciganjur masih berkoordinasi dengan beberapa pihak, supaya situasi ini bisa berujung baik untuk bangsa," tulis Alissa.

"Terima kasih untuk luapan cinta kepada #GusDur, sobat. Energi ini biarlah tidak untuk memaki, namun untuk jernihkan sejarah yang diburamkan," tambah Alissa.

Hal yang sama juga dilakukan putri bungsu Gus Dur , Inayah Wahi. Dalam akun Twitter resminya @naywahid dia ikut menanggapi ulah Sutan.

"Hlaaa...jadi minta maafnya karena ngomong, dan bukan karena udah ngomong hal yang ga bener....lha ya sami mawon mas," kicau Inayah pada 27 November lalu.

Sadar situasi semakin memojokkannya, Sutan kembali tampil ke publik dan menyatakan permohonan maaf. Sebagi bentuk keseriusannya, Sutan hendak menemui Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) H Iqbal Sullam. Pertemuan dilakukan untuk menyampaikan permintaan maaf.

"Saya akan coba menyelesaikan ini dengan cara yang baik, saya mau ketemu Sekjen PBNU, sekarang lagi tunggu dia (Sekjen PBNU) ada di Polda," kata Sutan Bathoegana di Bareskrim Polri, Jakarta, Rabu (28/11) sore kemarin.

Meski demikian, Sutan tidak ingin hanya dirinya disalahkan terkait pernyataannya soal Gus Dur . Dia juga meminta Adhie Massardi menyampaikan permohonan maaf karena telah menghina SBY.

"Kata-kata saya mungkin menyinggung menghina Gusdur saya mohon maaf, tapi bukan saya saja, Adhie Masardi juga mohon maaf pada pimpinan negara ini SBY yang dihinanya jadi enak semua," tegas Sutan.

Meski sudah mengakui kesalahannya dan berulangkali meminta maaf, akankah serangan pada Sutan mereda? Ataukah Sutan tetap dipolisikan.

[tyo]

KUMPULAN BERITA
# Gus Dur

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Menteri Jokowi belum ada yang laporkan hartanya ke KPK
  • FIA: Formula 1 harus turunkan biaya keikutsertaan tim
  • 7 Kutipan Mahatma Gandhi yang sungguh menginspirasi
  • GIGABYTE X99, motherboard handal untuk bangun PC impian
  • Baru dibuka satu bulan, komunitas fans Yoon Eun Hye ditutup
  • Ternyata, gelatin menyimpan 6 manfaat sehat ini
  • Puluhan warga Waduk Pluit direlokasi ke Rusun Muara Baru
  • 18 November, Ahok dilantik jadi gubernur DKI Jakarta
  • Gagal dua kali, Nuri Maulida kini temukan teman hidup
  • Kembali muda, Madonna sengaja dandan seksi menantang
  • SHOW MORE