Workstation

Jokowi sambangi merdeka.com

Reporter : Sapto Anggoro | Minggu, 25 Maret 2012 22:04




Jokowi sambangi merdeka.com
Jokowi saat diskusi di merdeka.com

Merdeka.com - Selepas magrib, Sabtu pekan lalu, tamu yang ditunggu-tunggu itu datang di kantor kami. Dialah Joko Widodo a.k.a salah satu calon gubernur (Cagub) DKI Jakarta untuk 2012-2017.

Dengan memakai baju khas pilihannya, kotak-kotak aneka warna yang dominan merah, tiba-tiba nongol di pintu kantor kami, kawasan Tebet Barat, Jakarta Selatan. Saya mampir sebentar ya, pintanya setelah mengulurkan tangan, bersalaman dengan kami. Tandanya dia tidak bisa lama.

Meski janji tak bisa lama, tapi kedatangannya membuat suasana kantor pun malam itu jadi hangat. Awak redaksi hari Sabtu yang biasanya setengah kekuatan, malam itu nyaris lengkap. yang dijadwalkan datang sore hari, karena banyak kegiatan dadakan, akhirnya baru bisa mampir malam hari.

Disambut Pemimpin Redaksi merdeka.com Didik Supriyanto, memilih diskusi sambil duduk lesehan. Ayo lesehan, di mana saja santai. Tapi maaf belum mandi sejak pagi, kata mengungkap alasannya tak bisa lama.

Walikota Solo yang dicalonkan berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama () ini, merupakan cagub DKI yang pertama ke kantor kami. Maklum, kami memang baru online pada 21 Februari 2012.

Sambil memperkanalkan diri tentang merdeka.com, sebagai media baru, Didik juga memimpin diskusi dengan . Setelah membuka, Didik menyilakan memberikan sambutan. Tidak usah. Ya sudah langsung diskusi saja. Kita tanya jawab saja, lebih enak, katanya.

Menurut , dirinya tidak mempersiapkan sejak lama untuk jadi cagub. Ini kecelakaan, tukasnya. Sebagai kader PDIP, dia melaksanakan perintah partai untuk tugas negara. Dia terpilih sebagai salah satu kandidat dari partai yang waktu itu 9 orang. Kemudian menyusut jadi 3 orang dalam uji kelayakan. Dan, akhirnya dialah pilihan PDIP dan Partai Gerindra, untuk berpasangan dengan . Ketika saya terpilih, Ibu Megawati bilang ini tugas negara. Ya sudah saya jalankan.

Dia menyebut kecelakaan, karena sebenarnya tidak mempersiapkan diri jauh sebelumnya. Termasuk soal biaya, desain popularitas, tidak dirancang sebelumnya. Gara-garanya dia mendapat hadiah tokoh populer versi lembaga riset Cirus, maka jadi pembicaraan.

tampaknya bukan tipe yang protokoler. Dengan santai, bertiga bersama sopir dan asistennya, dia santai kesana kemari menyapa masyarakat Jakarta. Termasuk saat ke kantor merdeka.com di Tebet. Saat diskusi -- tepatnya ngobrol -- santai menjawab segala macam pertnyaan, baik yang politis maupun yang ringan-ringan keseharian. Termasuk ketika ditanya soal siapa yang menginspirasi hidupnya. Saya pengagum Bung Karno, jawabnya tegasnya. Saat ini, jadwalnya setiap Senin-Jumat masih di Solo karena posisinya masih sebagai walikota aktif.

Pembaca yang budiman, merdeka.com hadir seolah begitu saja tanpa banyak memperkenalkan diri. Namun, dari tulisan yang Anda amati, logo, dan wajah, tidak sulit menyimpulkan siapa kami. Keberadaan kami jelas, hadir untuk semua kalangan yang beranekawarna, berbhinneka.

misalnya, hanya salah satu cagub yang kami undang. Nantinya, menjelang kampanye perebutan DKI-1 ini, kami juga akan memberi kesempatan calon lain menyampaikan pandangan-pandangannya. Termasuk mungkin pasangan Alex Noerdin-Nono Sampono, Hidayat Nurwahid Didik Rachbini, Foke-Nachrawi, dan tak ketinggalan pasangan independen Hendardji-M Riza atau Faisal Barsri-Biem Benyamin yang markasnya dekat dengan kami. Tentu kami memberi kesempatan, apakah mereka semua sedia berdialog dengan kami, itu tak bisa dipaksa.

Kalaupun hadir di kantor kami yang pertama, tak lepas dari peran Moh. Sholeh, reporter andalan kami yang cepat menjalin hubungan dengan kubu -. Pak, saya minta waktu Pak untuk diskusi di kantor, dan deal mau Sabtu sore, kata Sholeh membuncah pada Jumat sore pekan lalu. Dan, jadilah diskusi Sabtu malam itu. Meski hanya sekitar 40-an menit, tapi suasana lumayan hangat. "Saya bilang, penggemarnya nunggu di merdeka.com," cerita Sholeh tentang triknya mengajak .

Sekadar mengisi baterei, agar tidak ketinggalan info-info menarik dan ilmu, kami dari redaksi menjadwalkan diskusi dua minggu sekali dengan mendatangkan tamu dari luar. Mereka antara lain nara sumber, ahli/pakar, bahkan pelaku berita itu sendiri, seperti - atau calon-calon lainnya. Meski reporter kami dekat dengan para kandidat, redaksi merdeka.com selalu bebas nilai dan dalam posisi netral, akan tetap berpikir dan bersikap merdeka.

[mdk]

KUMPULAN BERITA
# Jokowi# Pilgub DKI

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top


Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER
TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Jelang Lebaran, penjualan motor di Papua laris manis
  • 1.608 Narapidana LP Cipinang dapat remisi Lebaran
  • Jokowi bagi-bagi amplop untuk tukang sapu dan pengemis di jalan
  • Open House SBY belum mulai, Prabowo sudah datang
  • Idul Fitri 1435 H, tingkat kehilangan di Istiqlal menurun
  • Gelar ritual takziah, ribuan warga padati makam Bergota Semarang
  • Banyak warga Gaza tak rayakan Idul Fitri tahun ini
  • Ditanya rencana silaturahmi ke Prabowo, Jokowi senyum-senyum
  • SBY ucapkan selamat Idul Fitri via Twitter
  • Sungkeman keluarga SBY tanpa Agus Harimurti
  • SHOW MORE