Merdeka.com tersedia di Google Play


Erotisnya kisah percintaan para nyai karangan Tirto

Reporter : Ramadhian Fadillah | Senin, 11 Februari 2013 08:07


Erotisnya kisah percintaan para nyai karangan Tirto
Tirto Adhie Soerjo. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Surat kabar Medan Prijaji yang diterbitkan Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo tahun 1907 tak hanya berisi kritik untuk pemerintah kolonial. Ada juga cerita-cerita roman yang dimuat bersambung. Awal abad 20, rata-rata setiap surat kabar punya cerita fiksi yang dimuat bersambung. Cerita roman yang ditulis Tirto merupakan gambaran kehidupan masa itu.

Tema soal kisah cinta para nyai dengan segala intriknya menjadi salah satu yang digemari. Masih ingat kisah Nyai Dasima yang ditulis Francis tahun 1896? Kisah legendaris itu pun berkisah seputar kehidupan nyai.

Nyai merupakan panggilan bagi wanita yang menjadi simpanan. Mereka adalah gundik yang seringkali tidak dinikahi. Bukan hanya orang Belanda yang memelihara nyai. Kebiasaan ini juga menular pada priyayi pribumi dan orang-orang kaya bumiputera.

Sastrawan Pramoedya Ananta Toer dalam buku Sang Pemula turut menyertakan karangan roman Tirto. Diakui memang saat itu cukup banyak bumbu seks dalam gaya penulisan roman. Tentu saat itu, bukanlah pornografi tetapi dianggap hal yang lumrah dalam masyarakat.

"Memang Tirto Adhi Soerjo seorang pencerita tentang kehidupan nyai-nyai yang semasa hidupnya merupakan golongan masyarakat yang ada, yang terlalu biasa dan diterima keberadaannya oleh umum. Cerita-cerita tentang kehidupan inter-rasial di Hindia dalam melayu lingua franca dari abad ke-19 dan sekitar abad ke-20 didominasi oleh cerita tentang nyai-nyai," kata Pramoedya.

Contoh karya roman Tirto adalah Cerita Nyai Ratna yang dimuat bersambung dalam Medan Prijaji tahun 1909. Mengisahkan Ratna, seorang istri setia yang disia-siakan suaminya untuk menikahi wanita yang lebih kaya.

Ratna kemudian menjadi gundik seorang pelaut. Saat itulah dia juga memadu kasih dengan seorang siswa sekolah dokter STOVIA bernama Sambodo.

Ratna kemudian ikut tuannya ke Semarang, lalu pindah dari pelukan satu pria ke pria lain. Hingga akhirnya dia memikat seorang pria kaya bernama Van Braak yang menikahinya. Walau sudah menjadi nyonya, Ratna belum puas. Dia memadu kasih dengan Karel dan akhirnya membunuh Van Braak untuk mendapatkan kekayaannya.

Lalu ada cerita Membeli Bini Orang yang dimuat tahun 1909. Tirto mengangkat cerita ini dari kisah nyata di Jawa Barat.

Ceritanya ada seorang rentenir keturunan Indo Belanda, Acte yang ngebet ingin merebut istri Haji Idris yang bernama Enceh. Acte menggunakan segala cara untuk merebut Enceh. Apalagi Enceh pun tak menolak ajakan Acte untuk mengkhianati suaminya.

Akhirnya Haji Idris terlilit hutang f 500 dan diperdaya. Sebagai pengganti hutang, Acte meminta Haji Idris menyerahkan istrinya. Enceh pun jatuh ke pelukan Acte.

Tapi ternyata Enceh memang perempuan gatal. Setelah jadi istri Acte, dia malah main gila dengan beberapa pria. Acte yang kini berada dalam kekuasaan Enceh tak bisa berbuat apa-apa selain menanggung malu.

Lalu ada cerita Busono yang terbit tahun 1912 dan tidak tamat karena pada tahun yang sama Medan Prijaji dibredel. Cerita Busono merupakan semi otobiografi Tirto.

Satu hal yang disoroti Tirto adalah kebiasaan siswa Stovia main-main dengan nyai. Para calon dokter muda ini menjadi piaraan para nyai yang akan menghadiahi mereka dengan uang, makanan dan juga seks. Di sela-sela pengajaran yang membuat pusing, hubungan para pemuda ini dengan para nyai menjadi hiburan tersendiri.

Sayangnya tak semua karya fiksi Tirto dalam buku Pramoedya ini lengkap. Pram sendiri mengaku ada bagian-bagian yang hilang. Padahal selain berita- berita, karya roman Tirto juga penting untuk mengetahui keadaan sosial budaya di Hindia Belanda awal abad 20.

[ian]

KUMPULAN BERITA
# Tirto Adhie Soerjo

Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Tirto Adhie Soerjo, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Tirto Adhie Soerjo.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Tari Buku 1.022 siswa SD di Surabaya pecahkan rekor MURI
  • Tak terima akan dilebur ke Mandiri, pekerja BTN lapor Hatta
  • Review: Keunggulan lima poin dari Sterling
  • Kijang tabrak balita hingga tewas terpental ke sungai
  • Tim bola kalah, warga juga jarah dan bakar rumah polisi di Buol
  • [FOTO] Imutnya kebiasaan Kim Woo Bin pemeran Young Do Ini
  • Giliran Agus Marto dituding di balik peleburan BTN-Mandiri
  • Hasil pemilu legislatif, PDIP juara di Kota Bandung
  • KH Maimun Zubair akui kenal Prabowo di Yordania
  • Keramahan dan keindahan jadi alasan Tasya Kamila betah di Jepang
  • SHOW MORE