DPRD: Pasien miskin ditolak RS, Jokowi harus tanggung jawab

Reporter : Lia Harahap | Senin, 18 Februari 2013 13:25




DPRD: Pasien miskin ditolak RS, Jokowi harus tanggung jawab
Bayi Dera. mustiana lestari.©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Bayi Dera yang lahir prematur meninggal dunia karena lambat mendapat pertolongan khusus. Padahal kedua orang tuanya, Elias Setya Nugroho dan Lisa Darawati sudah bolak balik ke lima rumah sakit tapi tetap ditolak.

Atas kejadian ini, Komisi E (Komisi Kesejahteraan Rakyat) DPRD DKI Jakarta mempertanyakan kinerja Jokowi. Apalagi pihaknya sudah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 4 triliun untuk tahun 2013.

"Tentu pak gubernur harus bertanggung jawab. Beliau harus kasih penjelasan kenapa bayi itu bisa dilayani rumah sakit yang didatanginya," kata anggota Komisi E Ashraf Ali kepada merdeka.com, Senin (18/2).

Dia juga menyarankan Jokowi segera menyelidiki kasus ini. Kalau perlu Jokowi sidak langsung ke rumah sakit yang bersangkutan.

"Gubernur harus cek ke dinas terkait apa yang menjadi faktor bayi Dera tidak terlayani," tambahnya.

Politikus Partai Golkar ini menambahkan, sebenarnya program Jakarta Sehat yang digagas Jokowi sudah cukup baik. Tapi sayangnya, sarana dan prasarananya tidak menunjang.

"Misalnya di depan gubernur pihak rumah sakit menyatakan siap menjalankan. Tapi kenyataannya, mereka sendiri mengeluhkan banyak kendala. Jadi jangan hanya iya pak, iya pak saja kalau depan Jokowi," kritiknya.

"Dinas Kesehatan harus menyampaikan masalah konkret soal sistem berobat gratis itu, jadi beliau bisa pikirkan solusinya," jelas Ashraf.

Ashraf menambahkan, sejak sistem Kartu Jakarta Sehat diterapkan banyak pihak rumah sakit yang mengaku kewalahan karena jumlah pasien meningkat drastis dari 500 pasien menjadi 1.300 pasien per hari. Masalah lainnya, jumlah tenaga dan fasilitasnya belum memadai.

"Itu harus dipersiapkan dulu secara matang harusnya, karena orang sakit itu tidak bisa ditunda karena ini menyangkut nyawa dan risiko. Apalagi ini bayi," tambahnya.

Agar persoalan ini bisa teratasi, dia menyarankan Jokowi memperluas kerjasama dengan seluruh rumah sakit swasta baik yang besar dan kecil.

"Jadi memang rumah sakit sekarang itu udah kaya pasar. Gara-gara Jakarta Sehat tidak jelas prioritasnya untuk siapa," ungkap Ashraf.

Seperti diberitakan sebelumnya, pasangan muda Elias Setya Nugroho dan Lisa Darawati melahirkan bayi kembar bernama Dara dan Dera. Dera dan Dara dilahirkan 11 Februari lalu di RS Zahira, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Keduanya dilahirkan melalui operasi caesar dalam usia kandungan masih tujuh bulan. Kondisi Dera saat dilahirkan cukup lemah dan butuh penanganan khusus karena ada gangguan pernapasan.

Hampir lima rumah sakit mereka datangi dengan harapan dapat menyelamatkan putri kembarnya. Sayang, karena lambatnya pertolongan, bayi Dera akhirnya lebih dulu meninggalkan kembarannya Dara. Dara sendiri masih menjalani perawatan di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat.

Baca juga:
Ada 10 rumah sakit yang tolak bayi Dera hingga meninggal
Jokowi: 5 RS yang tolak bayi Dera memang lagi penuh
Wanda Hamidah: Kasus bayi Dera ini tragedi kemanusiaan
Kasus bayi Dera, program kesehatan ala Jokowi dipertanyakan
3 RS bantah tolak bayi Dera karena Kartu Jakarta Sehat
AM Fatwa: Kasus bayi Dera, Jokowi harus evaluasi program KJS

[lia]

KUMPULAN BERITA
# Bayi Dera# Jokowi Ahok

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Serupa Mujica, ini pemimpin termiskin lainnya di dunia
  • Selain Bos Apple, ini 4 tokoh gay berpengaruh di dunia
  • Pengedar narkoba antarprovinsi diringkus di Medan
  • Tak hanya wajah, rambut Renee Zellweger Juga Ikut 'Dipoles'
  • Prabowo dan Jokowi kompak satu suara soal DPR tandingan
  • Kubu Romi ke Ja'far: Anda siapa? Jadi caleg saja gagal
  • Baru Sehari Dibuka, Pre Sale MOCKINGJAY PART 1 Cetak Rekor
  • Meskipun gak mirip, Ben Joshua tetap PD perankan sosok Jokowi
  • Murni berdarah Vietnam, Rosler jadi menteri di Jerman
  • Di China koruptor bunuh diri ketakutan, Indonesia hidup nyaman
  • SHOW MORE