Merdeka.com tersedia di Google Play


600 Taman di Bandung akan disulap Ridwan Kamil

Reporter : Andrian Salam Wiyono | Sabtu, 21 September 2013 19:03


600 Taman di Bandung akan disulap Ridwan Kamil
Ridwan Kamil di taman. ©2013 Merdeka.com/adrian salam

Merdeka.com - Pemimpin baru Kota Bandung Ridwan Kamil, akan memoles Kota Bandung menjadi kota kembang yang lebih asri. 600 Taman di Bandung yang ada saat ini akan disulap menjadi taman tematik. Seperti halnya yang dilakukan Taman Cempaka, Jalan Anggrek, Bandung.

Sabtu (21/9) sore, Emil, biasa disapa, menunjukkan komitmen pada janji kampanyenya. Dengan menggandeng Bank Danamon, taman seluas 500 meter persegi itu akan ditata, dan menjadi salah satu taman tematik yakni Taman Fotografi.

"Yang membuat orang kangen ke Bandung adalah areal, tamannya kan, makannya saya ingin jadikan taman ini senyaman mungkin dengan beragam tema, mulai dari sini (taman cempaka) akan saya jadikan taman fotografi. Nanti ada simbol C, artinya kamera," kata Emil, dalam acara CSR Danamon untuk Taman Fotografi di Taman Cempaka, Sabtu (21/9).

Menurut dia taman itu memiliki dua fungsi, yakni ekologi dan sosial. Fungsi ekologi taman tak boleh berubah, dengan fungsi ruang terbuka hijaunya, tapi taman juga lebih baik jika adanya proses interaksi sesama warga.

"Kalau di taman cuman berisi pohon, tanpa ada manusia, apa bedanya dengan hutan," jelasnya.

Untuk menarik minat warga, taman juga nantinya akan dilengkapi, fasilitas Wi-fi, perpustakaan kecil dan pos jaga, di mana selama 24 jam taman akan selalu diperhatikan keamanan dan kenyamanannya.

"Bandung ini akan saya jadikan kota yang terkoneksi dengan internet, jadi orang Bandung ini jangan terus main ke mal, tapi interaksi juga dengan alam, semoga bisa dinikmati, ini energi positif sedang disatukan," ucapnya.

Dia mengaku ke depan taman dengan tema tematik fotografi juga bisa dijadikan tempat pameran, dan galeri. "Di sini ingin saya sampaikan bahwa di taman juga bisa menyampaikan proses interaksi, kalau dimanfaatkan taman bisa ramai," katanya.

Saat ini, kata sang arsitek, dirinya sudah mengantongi 30 tema untuk taman di Bandung. "Nanti akan ada taman Persib, taman lansia gaul, taman jurnalistik, taman jomblo, taman jomblo ini banyak sekali permintaannya, kalau ada masukan tema lagi, silakan sampaikan," celetuk pasangan Oded M Danial ini.

Dia yakin untuk taman ini, penggunaan dananya akan memanfaatkan dana CSR. "Jadi untuk wujudkan Bandung Juara ini bisa cepat berproses, kerja sama mutlak dilakukan. Satu contoh tanpa harus menggunakan APBD. Kan sumber dana itu bisa dari Pemprov, Pusat, lembaga asing, dan CSR, nah untuk taman kita usahakan dari CSR," jelasnya.

Dalam waktu dekat, taman Ciujung Supratman, Bandung akan segera disulap, untuk dijadikan Taman Persib. "Kita sudah kerja sama dengan Viking, nanti akan ada patung pemain legenda Persib, dan rumput juga akan diperbaiki," tandasnya.

Sementara itu, Pemimpin Wilayah Region II Jabar Bank Danamon Arief Setyahadi, menambahkan, Bank Danamon mengalokasikan dana CSR pada 2013 hingga Rp 500 Juta. Pihaknya antusias alokasi CSR ini untuk membenahi Bandung melalui media taman.

"Taman Cempaka ini, memang nyaman, kita ke depan akan berkomitmen dengan Dinas Pertamanan untuk terus menata dan membenahi apa yang menjadi kekurangan saat ini," jelasnya.

[has]

KUMPULAN BERITA
# Bandung# Ridwan Kamil

Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Bandung, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Bandung.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup






Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Disebut utang pada Prabowo, SDA bilang 'murni dukungan pribadi'
  • JIS klaim selektif saat mencari tenaga pengajar
  • SDA ngotot dukung Prabowo di Pilpres 2014
  • Dino ingin teladani Perdana Menteri Ali Sostroamidjojo
  • KPK bakal seret BCA dalam kasus Hadi Poernomo
  • Bartra akhirnya akui kecepatan Bale
  • Awal Mei, Boediono dan Sri Mulyani jadi saksi di sidang Century
  • JIS mengaku tahu ada korban sodomi baru dari media
  • Bunuh pari manta cuma Rp 4 juta, jadi wisata bahari Rp 40 M
  • Asal muasal penemuan batu akik di Cilandak
  • SHOW MORE