Fenomena Jokowi (2)

Keangkuhan berbuah kekalahan

Reporter : Anwar Khumaini | Sabtu, 14 Juli 2012 07:55




Keangkuhan berbuah kekalahan
foke-jokowi. ©2012 Merdeka.com/djokopoerwanto

Merdeka.com - Penghitungan KPUD DKI Jakarta belum usai. Namun publik sudah mengetahui siapa jawara di putaran pertama Pilgub DKI Jakarta. Secara mengejutkan, Joko Widodo ( Jokowi )- Ahok memimpin perolehan suara seperti yang dibuat oleh semua lembaga survei. Foke baru mau datang pada debat cagub resmi yang diselenggarakan oleh KPUD DKI.

Padahal, sebelum pilgub berlangsung, hampir semua lembaga survei memenangkan pasangan incumbent Fauzi Bowo - Nachrowi Ramli . Jokowi , dalam berbagai survei tersebut harus puas di urutan kedua.

Entah karena merasa di atas angin, Fauzi Bowo sebelum pencoblosan berlangsung tampak 'angkuh'. Foke tak pernah mau diundang untuk mengikuti debat cagub yang diselenggarakan oleh media atau pun lembaga lainnya.

Seperti saat debat cagub yang berlangsung di kampus Universitas Indonesia, Jumat (27/4) lalu. Foke tidak hadir, sementara para cagub lainnya kompak hadir.

"Yah mungkin calon incumbent ( Fauzi Bowo ) sedang sibuk yah, dia kan masih menjadi gubernur," ujar mantan Gubernur DKI Sutiyoso yang menjadi panelis dalam acara tersebut.

Fauzi Bowo juga tak hadir dalam acara debat cagub-cawagub yang diadakan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI). Ketidakhadiran Foke mengundang pertanyaan, karena Foke sebelumnya juga tak pernah hadir dalam acara debat bersama kandidat lain.

Cawagub Basuki Tjahja Purnama atau Ahok pun menyindir Foke. "Foke itu tidak berani" kata Ahok kepada wartawan usai debat yang bertemakan kesehatan di Aula FKUI, Senin (14/5). Menurut Ahok , Basuki biasa disapa, Foke tidak datang karena tidak berani menghadapi para dokter yang ada di FKUI.

Praktisi Klinis Ari Fahrizal yang menjadi moderator acara tersebut menyayangkan ketidakhadiran Foke karena alasan acara itu hanya untuk calon gubernur sedangkan dirinya sudah menjadi gubernur.

"Katanya (Foke) ini acara cuma untuk gubernur sedangkan dirinya sudah menjadi gubernur sehingga tidak perlu ikut," katanya.

Sehingga, nyaris, dalam berbagai debat cagub, Foke cuma mewakilkan cawagub Nachrowi Ramli .

Hingga akhirnya, pada Rabu (11/7), semua mata terbelalak dengan hasil quick count, termasuk pasangan cagub Foke-Nara.

Jika sebelumnya mereka dijejali hasil survei yang menawarkan angin surga, maka kini mereka harus puas dengan memperoleh urutan kedua. Mereka pun harus menelan pil pahit kekalahan, meski masih ada satu putaran lagi.

Kini setelah kalah dalam quick count, Foke tampak lebih bersahabat. Wajah pria berkumis itu tampak sering tersenyum sumringah, dan telaten menjawab pertanyaan berbagai media. Wajah Foke juga secara bergilir nongol di berbagai media, khususnya televisi, dan tentunya dengan senyum ramah ala Foke.

Apakah ini akan membuat warga Jakarta simpati hingga mencoblosnya di pilgub putaran kedua nanti?

[war]


JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Nama 34 menteri sudah fix, Jokowi siap umumkan
  • Kadin: Investor di depan pintu, tunggu Jokowi benahi birokrasi
  • IHSG melejit ke 6.000 tahun depan jika Jokowi naikkan harga BBM
  • Bawa ganja 24 Kg, kakek mantan vokalis band dokter X ditangkap
  • Awas, kebiasaan ini tingkatkan risiko penyakit menular seksual!
  • Pengusaha roti tunggu realisasi janji pro UKM Jokowi
  • Lion Grup kuasai Bandara Halim, AirAsia minta tak semena-mena
  • Sosok Honda CB150R facelift terungkap
  • Ramai isu 2 wanita penyebar HIV, ruang VCT RSUD Karangasem penuh
  • Sikap labil Jokowi umumkan menteri buat pasar gelisah
  • SHOW MORE