Merdeka.com tersedia di Google Play


Rollaball: Tangkasnya penderita polio bermain 'skate soccer'

Reporter : Kun Sila Ananda | Jumat, 21 September 2012 11:05


Rollaball: Tangkasnya penderita polio bermain 'skate soccer'
Rollaball. ©infinitylist.com

Merdeka.com - Apa Anda pernah melihat pertandingan sepak bola yang dimainkan dengan tangan?

Kickstarter menggalang dana melalui film dokumenter buatannya yang berjudul Rollaball. Melalui film ini, mereka berharap akan mengembangkan salah satu olahraga ekstrim, skate soccer, dan membuat para atletnya diakui oleh dunia sebagai atlet paralympic.

Skate soccer adalah bentuk permainan sepak bola yang sangat cepat dan membutuhkan keterampilan fisik yang hebat. Permainan ini merupakan gabungan antara olahraga skating, sepak bola, dan bola tangan. Pemainnya tentu adalah orang-orang yang memiliki keterbatasan.

Dengan keterbatasannya, para pemain harus bermain dan meluncur di atas skateboard untuk mengejar bola. Setelah itu, mereka memukul bola menggunakan tangan untuk mencetak gol.

Film ini secara khusus mengangkat kisah sebuah kelompok soccer skater "Rolling Skater." Kelompok ini berisi penderita polio Ghana yang menemukan tujuan hidup baru melalui skate soccer untuk melawan stigma buruk seperti gelandangan atau orang cacat yang diberikan pada mereka.

Para pemain yang hidup di daerah pinggiran harus mengemis untuk memberi makan keluarga mereka. Namun, berseluncur dan bermain bola di atas skateboard telah menjadi semangat baru bagi hidup mereka.

"Pada hari Sabtu saya akan tidur lebih awal, karena aku tahu pada hari Minggu saya akan bermain bola," kata seorang pemain, seperti dilansir oleh Huffington Post (18/09).

"Bahkan jika saya tak memiliki apa-apa, saya tahu, ketika ada orang yang menjatuhkan bola di depan saya, saya bisa bermain," kata pemain lainnya.

Sutradara Eddie Edwards, berharap film dokumenter ini bisa membantu meningkatkan kehidupan para pemain dan membuat skate soccer menjadi olahraga dalam paralympic.

"Di balik semuanya, mereka adalah atlet yang luar biasa dan layak menjadi bintang. Mereka telah menjadi inspirasi bagi saya, dan saya yakin mereka bisa menginspirasi lebih banyak orang. Di dalam maupun di luar lapangan, cerita mereka melegenda," tambahnya.

Ingin melihat ketangkasan mereka para atlet skate soccer ini memainkan bola? Cek video di bawah ini.

[kun]

Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Coba bunuh diri, musisi potong organ intimnya sendiri
  • OJK berlakukan wajib lapor bagi perencana keuangan
  • 'Soal cawapres Jokowi, biasanya yang remang-remang menentukan'
  • 5 Alasan pacar sering bilang putus
  • 4 Pejabat di Aceh Tenggara terjerat kasus ilegal logging
  • Sekjen: PPP tak pernah pecat Suharso Monoarfa dan 4 DPW PPP
  • David Bruckner 'V/H/S/' akan garap 'FRIDAY THE 13TH'?
  • Bocoran Terbaru Tentang Tokoh Vision di The Avengers 2
  • Dahlan Iskan Bebaskan Proses Kreatif Pembuatan Sepatu Dahlan
  • Wamenkeu usul subsidi listrik diubah jadi voucher seperti BLT
  • SHOW MORE