Bagaimana cara mengirim surat lamaran kerja lewat email?

Reporter : Rizqi Adnamazida | Kamis, 12 April 2012 09:00




Bagaimana cara mengirim surat lamaran kerja lewat email?
Ilustrasi (©stoneshare.com)

Merdeka.com - Teknologi kini memungkinkan Anda untuk membuat surat lamaran kerja dan mengirimnya lewat email. Namun ternyata ada berbagai hal yang sering diabaikan oleh orang-orang ketika mengirim surat lamaran kerjanya melalui email. Padahal ada beberapa aturan yang membedakan surat lamaran kerja yang dicetak dengan yang dikirim lewat email.

Jika Anda berharap agar Anda diterima pada sebuah pekerjaan, perhatikan langkah-langkah cara mengirim surat lamaran kerja lewat email dengan benar. Simak penjelasan selengkapnya seperti yang dilansir dari JobDig dan Live Strong (11/04) berikut ini.

Baca instruksi
Baca dan pahami seluruh instruksi yang diberikan oleh perusahaan. Pastikan apakah pihak perusahaan menginginkan Anda untuk melampirkan surat lamaran kerja melalui attachment atau menulisnya langsung di badan email.

Isi lamaran kerja
Jangan lupa membubuhkan identitas lengkap pada surat lamaran kerja Anda. Sebutkan juga dengan jelas jabatan yang Anda inginkan.

Nama file
Simpan data surat lamaran kerja Anda dengan nama Anda, misal NamaAndaResume.doc untuk memudahkan perusahaan untuk mengidentifikasi surat lamaran kerja tersebut adalah milik Anda.

Patuhi aturan
Jika pihak perusahaan meminta surat lamaran kerja Anda dalam bentuk pdf dan bukan Ms Word, patuhi aturan tersebut dan jangan nekat mengirim file dalam format Ms Word.

Cek ulang
Sebelum mengirim, pastikan untuk mengecek ulang surat lamaran kerja Anda untuk menghindari terjadinya typo atau salah ketik.

Alamat email
Jangan mengirim surat lamaran pekerjaan dengan menggunakan alamat email yang lucu, sebab hal ini adalah salah satu kesalahan konyol yang membuat Anda tidak diterima. Selain itu, pastikan alamat email Anda adalah domain yang aman untuk menghindari surat lamaran kerja Anda masuk ke spam email perusahaan.

Judul email
Anda cukup memberi judul email dengan menggunakan nama Anda dan posisi yang Anda inginkan, misal "Nama Anda untuk posisi Ini". Jika perusahaan meminta bentuk judul yang spesifik, lakukan saja seperti keinginan perusahaan tersebut.

Badan email
Jangan membiarkan badan email kosong melompong hanya karena Anda sudah melampirkan surat lamaran kerja dalam bentuk attachment. Kesalahan ini paling sering dilakukan dan membuat pihak perusahaan tidak tertarik untuk membuka surat lamaran kerja Anda

Spam blocker
Jika Anda menggunakan aplikasi ini, matikan sementara untuk memantau balasan dari perusahaan yang Anda lamar. Siapa tahu balasan tersebut justru masuk ke kotak spam yang tertolak dan membuat Anda merasa tidak menerima balasan apapun.

Semoga Anda bisa sukses melamar pekerjaan meskipun harus mengirim surat lamaran melalui email!

[riz]

KUMPULAN BERITA
# Tips

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • 'Bugatti' buatan pria asal Boyolali memukau dunia!
  • 5 Cara labu tingkatkan kekebalan tubuh
  • Ribuan umat Islam Kediri tagih janji Jokowi soal Hari Santri
  • Family day out, intip kedekatan Alyson Hannigan dan putrinya
  • Antre di SPBU, pengecer bensin dicekik & ditodong pistol polisi
  • Hasto beberkan isi pertemuan Tim Jokowi dengan Prabowo di Hyatt
  • Eh, Ternyata Banyak Hal Seru di Trailer 'JOKOWI ADALAH KITA'
  • Forum Betawi dan FPI ancam lengserkan Ahok di Hari Pahlawan
  • Kim So Hyun raih gelar Best Actor di Tokyo Drama Awards
  • Diam-diam, ternyata Jokowi pernah bertemu elite PKS
  • SHOW MORE