Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Skema COVAX WHO Terancam Gagal, Negara-Negara Miskin Baru Kebagian Vaksin pada 2024

Skema COVAX WHO Terancam Gagal, Negara-Negara Miskin Baru Kebagian Vaksin pada 2024 Ilustrasi Vaksin. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Skema global untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 ke negara-negara miskin menghadapi risiko kegagalan yang "sangat tinggi", berpotensi membuat negara-negara miskin tanpa akses ke vaksin hingga akhir tahun 2024.

Program COVAX yang digagas Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah skema global utama untuk mendistribusikan vaksin kepada orang-orang di negara-negara miskin dan menengah di seluruh dunia terhadap virus corona. Skema ini bertujuan untuk memberikan setidaknya 2 miliar dosis vaksin pada akhir 2021 untuk mencakup 20% dari orang yang paling rentan di 91 negara miskin dan berpenghasilan menengah, sebagian besar di Afrika, Asia dan Amerika Latin. Data terakhir menunjukkan 168 negara telah bergabung dalam COVAX.

Namun dalam dokumen internal yang ditinjau oleh Reuters, seperti dilansir Kamis (16/12), promotor skema mengatakan program tersebut berjuang dari kekurangan dana, risiko pasokan dan pengaturan kontrak yang rumit yang dapat membuat tidak mungkin untuk mencapai tujuannya.

"Risiko kegagalan untuk membangun Fasilitas COVAX yang berhasil sangat tinggi," kata laporan internal kepada dewan GAVI (global alliance for vaccines and immunisation), sebuah aliansi pemerintah, perusahaan obat, badan amal, dan organisasi internasional yang mengatur kampanye vaksinasi global. GAVI memimpin COVAX bersama dengan WHO.

Laporan dan dokumen lain yang disiapkan oleh GAVI sedang dibahas pada rapat dewan GAVI pada 15-17 Desember.

Kegagalan fasilitas tersebut dapat membuat orang-orang di negara-negara miskin tanpa akses ke vaksin Covid-19 hingga tahun 2024, salah satu dokumen mengatakan.

Risiko kegagalan lebih tinggi karena skema itu dibuat begitu cepat, beroperasi di "wilayah yang belum dipetakan", tulis laporan itu.

"Eksposur risiko saat ini dianggap di luar selera risiko sampai ada kejelasan penuh tentang ukuran risiko dan kemungkinan untuk menguranginya," katanya. "Oleh karena itu, diperlukan upaya mitigasi yang intensif untuk membawa risiko sesuai selera risiko."

GAVI mempekerjakan Citigroup bulan lalu untuk memberikan nasihat tentang cara memitigasi risiko keuangan.

Dalam satu memo 25 November yang termasuk dalam dokumen yang diserahkan ke dewan GAVI, penasihat Citi mengatakan risiko terbesar program itu berasal dari klausul dalam kontrak pasokan yang memungkinkan negara-negara untuk tidak membeli vaksin yang dipesan melalui COVAX.

Potensi ketidaksesuaian antara pasokan dan permintaan vaksin "bukanlah risiko komersial yang secara efisien dikurangi oleh pasar atau MDB," tulis para penasihat Citi, merujuk pada bank pembangunan multilateral seperti Bank Dunia.

"Oleh karena itu, hal itu harus dimitigasi melalui negosiasi kontrak atau melalui lapisan penyerapan risiko GAVI yang dikelola dengan hati-hati oleh struktur manajemen dan tata kelola."

Ditanya tentang dokumen tersebut, juru bicara GAVI mengatakan bahwa badan tersebut tetap yakin dapat mencapai tujuannya.

"Tidaklah bertanggung jawab jika tidak menilai risiko yang melekat pada usaha yang begitu besar dan kompleks, dan untuk membangun kebijakan dan instrumen untuk memitigasi risiko tersebut," tambahnya.

WHO tidak menanggapi permintaan komentar. Di masa lalu, hal itu membuat GAVI memimpin dalam komentar publik tentang program COVAX.

Citibank mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Sebagai penasihat keuangan, kami bertanggung jawab untuk membantu GAVI merencanakan berbagai skenario terkait dengan fasilitas COVAX dan mendukung upaya mereka untuk mengurangi potensi risiko."

Masalah Pasokan Vaksin

Rencana COVAX mengandalkan vaksin yang lebih murah yang sejauh ini belum mendapat persetujuan, daripada vaksin dari pelopor Pfizer/BioNTech dan Moderna yang menggunakan teknologi mRNA baru yang lebih mahal. Vaksin Pfizer telah disetujui untuk penggunaan darurat di beberapa negara dan digunakan di Inggris dan Amerika Serikat, dan vaksin Moderna diharapkan segera disetujui serupa.

COVAX sejauh ini telah mencapai perjanjian pasokan yang tidak mengikat dengan AstraZeneca, Novavax dan Sanofi untuk total 400 juta dosis, dengan opsi untuk memesan beberapa ratus juta vaksin tambahan, salah satu dokumen GAVI mengatakan.

Tetapi ketiga perusahaan itu semuanya menghadapi penundaan dalam uji coba mereka yang dapat mendorong kembali beberapa kemungkinan persetujuan peraturan ke paruh kedua tahun 2021 atau lebih baru.

Ini juga dapat meningkatkan kebutuhan finansial COVAX. Asumsi keuangannya didasarkan pada biaya rata-rata USD5,20 per dosis atau sekitar Rp64.000, salah satu dokumen mengatakan.

Vaksin Pfizer berharga sekitar USD18,40-USD19,50 per dosis, sedangkan Moderna berharga USD25-USD37. Sejauh ini COVAX tidak memiliki kesepakatan pasokan dengan salah satu dari perusahaan tersebut. Juga tidak memprioritaskan investasi dalam rantai distribusi ultra-dingin di negara-negara miskin, yang diperlukan untuk vaksin Pfizer, karena masih mengharapkan untuk menggunakan sebagian besar suntikan yang membutuhkan penyimpanan dingin yang lebih konvensional, salah satu dokumen GAVI mengatakan.

Pada hari Selasa, seorang pejabat senior WHO mengatakan badan tersebut sedang dalam pembicaraan dengan Pfizer dan Moderna untuk memasukkan vaksin Covid-19 mereka sebagai bagian dari peluncuran global awal dengan biaya bagi negara-negara miskin yang mungkin lebih rendah dari harga pasar saat ini.

Vaksin lain sedang dikembangkan di seluruh dunia dan COVAX ingin memperluas portofolionya untuk memasukkan vaksin dari perusahaan lain.

Negara-negara kaya, yang telah memesan sebagian besar stok vaksin Covid-19 yang tersedia saat ini, juga berencana untuk menyumbangkan beberapa dosis berlebih ke negara-negara miskin, meskipun tidak jelas apakah itu akan melalui COVAX.

Masalah Pendanaan

Untuk memenuhi target vaksinasi setidaknya 20% orang di negara-negara miskin tahun depan, COVAX mengatakan dibutuhkan USD4,9 miliar selain USD2,1 miliar yang telah dikumpulkan.

Jika harga vaksin lebih tinggi dari perkiraan, pasokan tertunda atau dana tambahan tidak terkumpul sepenuhnya, fasilitas itu menghadapi kemungkinan gagal, kata dokumen itu.

Sejauh ini Inggris dan negara-negara Uni Eropa adalah donor utama COVAX, sementara Amerika Serikat dan China belum memberikan komitmen finansial. Bank Dunia dan lembaga keuangan multilateral lainnya menawarkan pinjaman murah kepada negara-negara miskin untuk membantu mereka membeli dan menyebarkan vaksin melalui COVAX.

Fasilitas tersebut menerbitkan obligasi vaksin yang dapat mengumpulkan sebanyak USD1,5 miliar tahun depan jika donor setuju untuk menutupi biayanya, salah satu dokumen GAVI mengatakan. COVAX juga menerima dana dari donor swasta, terutama Bill and Melinda Gates Foundation.

Tetapi bahkan dalam kondisi keuangan terbaik, COVAX masih dapat menghadapi kegagalan, karena risiko keuangan yang tidak proporsional yang disebabkan oleh proses pembuatan kesepakatan yang rumit.

COVAX menandatangani kontrak pembelian di muka dengan perusahaan mengenai persediaan vaksin yang harus dibayar oleh donor atau negara penerima yang memiliki kemampuan untuk membelinya.

Tetapi di bawah klausul yang termasuk dalam kontrak COVAX, negara-negara masih dapat menolak untuk membeli volume yang dipesan sebelumnya jika mereka lebih memilih vaksin lain, atau jika mereka berhasil memperolehnya melalui skema lain, baik lebih cepat atau dengan harga yang lebih baik.

Fasilitas tersebut juga dapat menghadapi kerugian jika negara-negara tidak dapat membayar pesanan mereka, atau bahkan jika kekebalan kawanan dikembangkan terlalu cepat, membuat vaksin tidak lagi diperlukan, kata laporan Citigroup. Ini mengusulkan strategi untuk memitigasi risiko ini termasuk melalui perubahan kontrak pengadaan.

(mdk/bal)
ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kemenkes Temukan Kasus Covid-19 Varian JN.1 di Jakarta dan Batam

Kemenkes Temukan Kasus Covid-19 Varian JN.1 di Jakarta dan Batam

Covid-19 varian JN.1 dilaporkan berkaitan erat dengan varian BA.2.86 dan dikhawatirkan dapat mempengaruhi pola penularan dan tingkat keparahan penyakit.

Baca Selengkapnya
Jokowi ke Menkes soal Kasus Covid-19: Amati Betul Secara Detail Perkembangannya Seperti Apa

Jokowi ke Menkes soal Kasus Covid-19: Amati Betul Secara Detail Perkembangannya Seperti Apa

Informasi Jokowi terima dari Menkes, kasus Covid-19 masih dalam kondisi yang baik meski memang ada kenaikan.

Baca Selengkapnya
Kemenkes Sebut Belum Ada Mutasi Baru Covid-19 Meski Varian JN.1 Sudah Menyebar di RI

Kemenkes Sebut Belum Ada Mutasi Baru Covid-19 Meski Varian JN.1 Sudah Menyebar di RI

Penularan varian JN.1 telah ditemukan di Jakarta dan Batam.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Komnas KIPI Pastikan Vaksin nOPV2 Aman Digunakan untuk Cegah Polio

Komnas KIPI Pastikan Vaksin nOPV2 Aman Digunakan untuk Cegah Polio

Komnas KIPI menyebut vaksin nOPV2 telah dikembangkan sejak tahun 2011 dan mulai diberikan sejak tahun 2021.

Baca Selengkapnya
Indonesia Harus Lebih Tegas Melawan Diskriminasi Perdagangan Global

Indonesia Harus Lebih Tegas Melawan Diskriminasi Perdagangan Global

Indonesia kini menghadapi diskriminasi perdagangan dari banyak negara terkait kebijakan ekspor minyak kelapa sawit.

Baca Selengkapnya
Covid-19 Naik Lagi, Menkes Minta Masyarakat Pakai Masker Selama Libur Akhir Tahun

Covid-19 Naik Lagi, Menkes Minta Masyarakat Pakai Masker Selama Libur Akhir Tahun

Imbauan ini mengingat penularan Covid-19 dilaporkan kembali meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

Baca Selengkapnya
Menkes Budi: Kasus Covid-19 di Indonesia Jelang Natal dan Tahun Baru 2024 Tak Mengkhawatirkan

Menkes Budi: Kasus Covid-19 di Indonesia Jelang Natal dan Tahun Baru 2024 Tak Mengkhawatirkan

Budi juga menganjurkan masyarakat untuk kembali menggunakan masker saat mengakses tempat-tempat yang rawan.

Baca Selengkapnya
Kasus Covid-19 Meningkat di 21 Provinsi

Kasus Covid-19 Meningkat di 21 Provinsi

Tren kenaikan kasus mingguan Covid-19 nasional per 9 Desember 2023 dilaporkan menyentuh angka 554 kasus positif.

Baca Selengkapnya
Covid-19 Meningkat, Kemenkes Siapkan Vaksin Booster Ke-3 Gratis Sampai 31 Desember

Covid-19 Meningkat, Kemenkes Siapkan Vaksin Booster Ke-3 Gratis Sampai 31 Desember

Vaksin booster masih gratis dan dapat ditemukan di puskesmas atau faskes terdekat.

Baca Selengkapnya