BREAKING NEWS

Ini isi lengkap pidato perdana Presiden Jokowi


Sentimen anti-Islam makin meningkat di Inggris

Reporter : Vincent Asido Panggabean | Jumat, 24 Mei 2013 08:05




Sentimen anti-Islam makin meningkat di Inggris
Anggota Liga Pertahanan Inggris berunjuk rasa di Ibu Kota London setelah insiden pembunuhan brutal d. alarabiya.net

Merdeka.com - Anggota kelompok anti-Islam di Inggris yang menamakan diri mereka sebagai Liga Pertahanan Inggris (EDL) kemarin terlibat bentrok dengan polisi setelah insiden pembunuhan brutal terhadap seorang pria diduga tentara di Wilayah Woolwich, sebelah timur Ibu Kota London, Inggris. Selain EDL, setidaknya dua orang dikabarkan juga melakukan serangan ke masjid di London.

Situs Salon.com melaporkan, Kamis (23/5), saat itu anggota EDL turun ke jalan dengan mengenakan topeng, di mana beberapa di antaranya terdapat bendera St. George atau mengenakan penutup muka warna hitam dengan logo EDL.

Surat kabar the Daily Mail menulis, ada sekitar seratus pengunjuk rasa turun ke jalan. Namun, stasiun televisi Sky News mengatakan sekitar 75 sampai seratus orang saat itu melakukan demonstrasi. Keduanya juga melaporkan bahwa anggota EDL melemparkan botol ke arah polisi.

"Mereka telah memenggal salah satu tentara kita di sebuah jalan di London," teriak pemimpin EDL, dengan menggunakan nama samaran Tommy Robinson, kepada para pengunjuk rasa, seperti dikutip koran the Evening Standard.

"Generasi penerus kita telah diajarkan di sekolah-sekolah mereka bahwa Islam adalah agama damai, tapi kenyataannya tidak. Apa yang Anda lihat hari ini adalah cerminan Islam." ujar Robinson. "Harus ada reaksi, pemerintah harus mendengar, polisi harus mendengarkan dan memahami bahwa warga Inggris marah dengan insiden ini."

Sebelum insiden pembunuhan sadis di Woolwich, EDL memang telah merencanakan sebuah demonstrasi pada 25 Mei mendatang.

Sementara di tempat lain, seorang pria ditangkap di Kota Braintree, Wilayah Essex, London Timur, atas percobaan pembakaran terhadap sebuah masjid. Pelaku dilaporkan masuk dengan sebuah pisau dan pemantik api.

Sementara di Wilayah Kent, Inggris Tenggara, seorang lelaki lainnya dilaporkan ditahan atas dugaan kriminal menjurus ke arah rasial dan ingin merusak sebuah masjid.

Kerusuhan dan insiden penyerangan ini dikabarkan sebagai respon atas pembunuhan brutal terhadap seorang pria di Woolwich yang diduga dilakukan oleh dua orang yang termotivasi oleh radikal Islam.

EDL kemarin dikabarkan melakukan demonstrasi di pelbagai wilayah di Inggris, yang mengakibatkan ratusan anggotanya ditangkap. Kelompok ini juga memiliki hubungan dengan sejumlah tokoh anti-Islam di Amerika Serikat, termasuk Pamela Geller.

EDL juga turut berdemonstrasi terhadap pembangunan sebuah masjid di lokasi runtuhnya bangunan World Trade Center atau dikenal dengan nama Ground Zero, di Kota New York pada 2010 lalu.

Kelompok ini digambarkan oleh Lauren Collins yang dia tulis di majalah the New Yorker pada 2011 lalu sebagai sebuah kebangkitan Islamofobia atau sikap diskriminasi dan prasangka buruk terhadap kaum muslim di Inggris.

"EDL menyebut organisasinya sebagai organisasi hak asasi manusia yang bekerja untuk melindungi hak-hak asasi semua orang untuk memprotes kelompok radikal Islam yang menggangu kehidupan non-muslim. Namun, anggota parlemen dari Partai Buruh, Jon Cruddas, menyebut EDL berbahaya layaknya perusuh dalam pertandingan sepak bola," tulis Collins.

[fas]

KUMPULAN BERITA
# Pembunuhan London

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya







Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG iREPORTER
LATEST UPDATE
  • Dana asing Rp 734 miliar masuk sesaat setelah Jokowi-JK dilantik
  • Akbar Tandjung jamin KMP tak akan jegal Presiden Jokowi
  • Liburan seru, intip kedekatan Ivanka Trump dan putra-putrinya
  • Kehabisan duit, dua bocah SMP kehausan saat ke kirab Jokowi
  • Surat utang negara paling banyak dibeli warga Jakarta
  • Kredit macet Rp 97 M, Direktur PT SRT kabur jadi WN Singapura
  • Jokowi: Semoga Pak SBY selalu diberi barokah
  • SBY kepada Jokowi: Selamat bertugas bapak presiden
  • Program dana pesangon bisa kurangi perusahaan dari pajak badan
  • PKS: Setelah dilantik Umar bin Khattab jauhi hingar bingar pesta
  • SHOW MORE