Para penguasa jalur laut dunia

Reporter : Ardini Maharani | Selasa, 5 Februari 2013 09:12




Para penguasa jalur laut dunia
Perompak Somalia. wprost.pl ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Perompak yakni sebutan bagi mereka para bajak laut. Sekelompok orang menggunakan kapal menaklukkan kapal lainnya untuk diambil benda berharga apa pun yang dibawa sekaligus menyandera para awak untuk dimintai tebusan dalam jumlah besar.

Salah satu kelompok perompak terkenal yakni perompak Somalia. Perompak ini berada di wilayah perairan meliputi kawasan Samudera Hindia lepas pantai Timur Somalia, Teluk Arab, dan Teluk Aden merupakan jalur utama pelayaran dunia. Seluruh kapal pasti melewati perairan ini tak peduli kapal penumpang, barang, hingga tanker.

Tidak ada yang tahu pasti mengenai sejarah awal perompak Somalia muncul. Namun perang saudara berkepanjangan membuat beberapa orang harus putar otak demi bertahan hidup. Saat sudah tak ada lagi yang bisa dirampas di tanah membuat mereka beralih ke laut.

Mulai pada 2008 para bajak laut ini rutin membuat sejagat geger dengan aksi-aksi mereka. Setidaknya ada delapan titik menjadi sarang perompak Somalia seperti dilansir situs gulfnews.com (2009), yakni:


- Gulf Aden Attack Zone (masuk Somali Land). Lokasinya di dalam areal Teluk Aden berbatasan dengan Yaman. Lebar areal rata-rata 50 mil dan panjang 100 mil. Kapal yang dirampas di daerah ini akan di bawa ke kota Pelabuhan Bosaso.

- Mongadishu Attack Zone (masuk Puntland). Areal mereka adalah Puntland. Lokasi (lapak) daerah kekuasaan berada antara 100 mil -600 mil dari perbatasan Kenya hingga ke arah Timur perairan Somalia atau menuju ke arah Teluk Aden. Kapal yang ditangkap akan disandarkan di pelabuhan Mongadishu dan awaknya di sandera ke lokasi yang rahasia di dekat pelabuhan Mongadishu.

- Somalia Stay Away Zone. Lokasinya berada di pantai Somalia. Areal antara 170 - 300 mil dari lepas pantai Somalia bagian Utara.

- Eyl Ransome Zone (masuk Puntland). Ini adalah lokasi paling berbahaya diantara sejumlah lokasi. Lokasi ini menjadi pusat logistik dan informasi bagi para perompak yang bertugas menyerang kapal yang dilaporkan oleh pemberi informasi.

- Hobyo Ransom Zone (masuk Puntland). Lokasinya dekat kota Pelabuhan Hobyo dan Mudug di perairan Somalia selebar 50 Km dan panjang sejauh 600 Km dari bibir pantai ke arah Lautan Hindia.

- Haradhere Ransom Zone (masuk Puntland). Sebuah kota dekat Hobyo. Kota Haradhere ini bukan kota pelabuhan sehingga kapal mereka bajak akan dibawa ke Hobyo.

- Mogadishu Mothership Home Port. Areal operasinya seluas 250 mil laut dari kota Mongadishu dan menguasai areal Samudera Hindia pada jangkauan lebar 50 mil laut.

- Bosaso Zona. (masuk Somali Land) sebuah kota pelabuhan besar di Somalia setelah Mongadishu. Kota ini paling menyenangkan para perompak sebab sempit di sekitar pantai Yaman menjadi lahan sangat baik untuk bergerak cepat merampok kapal tengah melintas wilayah itu.

Dengan mengetahui wilayah-wilayah itu banyak pihak berharap setiap kapal berhati-hati dan menyiapkan diri. Namun entah mengapa masih ada saja kapal lengah dan membuat para perompak melancarkan aksinya dengan mulus.

Perompak Somalia kembali membajak kapal tanker asal Prancis banyak awak asal Afrika di perairan Pantai Gading. Area ini diketahui menjadi wilayah baru pembajak. Kapal tanker bernama Gascogne itu membawa 19 awak. Mereka sudah kehilangan kontak dengan kapal induk Ahad lalu. Seperti dilansir france24.com (4/1). Hingga kini belum ada permintaan apa pun dari para perompak dan pemerintah Prancis belum mengetahui kondisi para awak.

[din]

KUMPULAN BERITA
# Somalia

JANGAN LEWATKAN BERITA
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Anas Urbaningrum, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Anas Urbaningrum.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup
Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya






Komentar Anda


Be Smart, Read More
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
LATEST UPDATE
  • Kapolri tawari Paskibraka 2014 daftar jadi polisi
  • jobsDB jadi mitra KemenPAN-RB kelola info 65 ribu lowongan CPNS
  • Muslim radikal Australia boikot pertemuan dengan Tony Abbott
  • Vandalisme, monumen Soviet di Bulgaria jadi tokoh komik Amerika
  • CT: Karen tidak mundur akibat tekanan politis
  • Terpilih jadi anggota DPR, 7 menteri SBY belum ajukan mundur
  • Masih 16 tahun, Barbie hidup ini siap saingi Valeria Lukyanova
  • Selain copot 6 ketua DPD di Sumsel, PAN ganti caleg terpilih
  • Masyarakat sipil Aceh usung Nezar Patria jadi menteri Jokowi
  • 5 Hal konyol ini jadi favorit pengunjung museum kelamin Islandia
  • SHOW MORE