Bekas juara dunia binaraga sejagat kini berusia seabad

Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo | Senin, 19 Maret 2012 16:24

Bekas juara dunia binaraga sejagat kini berusia seabad
Manohar Aich berpose di tempat pelatihan binaraga miliknya di Kolkatta, India. (Dibyangshu Sarkar/AFP)

Merdeka.com - Mantan juara dunia binaraga pada 1952 asal India, Manohar Aich, tahun ini mencapai usia seabad. Dia baru saja berulang tahun kemarin.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Senin (19/3), Manohar ingin sekali bertemu pujaannya, mantan juara Mr Universe tiga tahun berturut-turut (1968-1970), Arnold Schwarzenegger. Setelah pensiun dari dunia akting, Schwarzenegger terjun ke dunia politik dan sempat menjabat gubernur Negara Bagian California, Amerika Serikat. "Saya suka dengan aksi yang dilakukannya dalam film," ujar Manohar.

Manohar Aich yang lahir di Kota Comilla, Provinsi Bengali, India, tertarik dengan binaraga sejak sekolah dasar saat dia melihat beberapa orang Inggris sedang berlatih. Manohar bergabung dengan Angkatan Udara Inggris pada 1942 setelah menamatkan pendidikannya.

Manohar yang mendapat julukan "Mr. Pocket Hercules" karena postur tubuhnya pendek, mulai belajar binaraga di tempat kerjanya. Dia mendapat bantuan dari atasannya saat itu, Reub Martin, yang mengenalkan latihan beban. Setelah berlatih di bawah panduan atasannya, Manohar mendapat apresiasi dari rekan kerjanya di angkatan udara karena bentuk tubuhnya bagus. Sayangnya Manohar harus merasakan dinginnya lantai penjara karena dia ikut berunjuk rasa menentang penindasan pemerintah kolonial Inggris.

Namun Manohar tidak patah semangat. "Justru di dalam penjara saya mulai berlatih lebih serius. Latihan itu membantu saya mempersiapkan diri mengikuti kejuaraan dunia," katanya kepada the Daily Mail. Dia mengaku berlatih sendiri tanpa alat selama 12 jam saban hari. Sipir penjara yang terkesan dengan ketekunannya memberikan menu khusus buat Manohar. Dia akhirnya dibebaskan setelah India merdeka pada 1947.

Setelah bebas, Manohar hidup dalam kemiskinan. Dia dan istrinya bekerja banting tulang agar keempat anak mereka bisa sekolah. Saat itu dia tidak punya cukup uang meneruskan hasratnya menekuni binaraga. Dia pun kerja serampangan sambil menekuni hobinya itu.

Pada 1950, dia mengikuti kejuaraan Mr. Hercules, yakni kompetisi binaragawan amatir di Ibu Kota London, Inggris. Setahun kemudian, Manohar memilih menetap sementara di Inggris untuk berlatih binaraga. Manohar mengikuti kontes Mr. Universe pada 1952 dan keluar sebagai juara. Dia menjadi terkenal setelah itu, baik di dalam negeri dan dunia internasional.

Manohar kemudian membuka tempat pelatihan binaraga dibantu kedua anaknya setelah pulang dari Inggris. Tempat pelatihan milik Manohar itu sudah banyak menelurkan atlet binaraga tingkat nasional dan internasional, antara lain Satya Paul yang merupakan delapan kali juara nasional binaraga dan juara Mr. Universe 1988, Premchand Dogra.

[fas]

Komentar Anda


Suka artikel ini ?
Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman


Be Smart, Read More
Back to the top
Today #mTAG
LATEST UPDATE
  • Warga Rusun Daan Mogot sudah terbiasa diserang tomcat
  • Senator AS ingin Indonesia diberi uang hadang China di Natuna
  • Fadli Zon sebut penyadapan oleh KPK harus diatur undang-undang
  • Presiden Jokowi berambisi coklat Indonesia rajai pasar dunia
  • Menteri Yasonna: Islah membuat kepengurusan Golkar lebih baik
  • Polisi berpakaian preman bubarkan aksi solidaritas Rohingya di Aceh
  • 11 Rumah di Indragiri Hilir ludes dilalap si jago merah
  • Seret banyak nama, RA ingin sidang prostitusi artis cepat digelar
  • Penampakan matahari tak biasa di penjuru dunia
  • Harga sembako ini aman dari kenaikan jelang Ramadan
  • SHOW MORE