Zhao Ziyang

Foto:

Zhao Ziyang


Nama Lengkap : Zhao Ziyang

Alias : No Alias

Profesi : Birokrat

Tempat Lahir : Henan, China

Tanggal Lahir : Jumat, 17 Oktober 1919

Zodiac : Balance

Hobby : Bermain golf

Warga Negara : China


No Relation
BIOGRAFI

Lahir di provinsi China tengah, Henan pada tahun 1919, Zhao Ziyang bergabung dengan Liga Pemuda Komunis tahun 1932. Setelah bekerja sebagai seorang pejabat partai selama perang pembebasan tahun 1937-1949, namanya mulai dikenal publik di provinsi Guangdong dari 1951. Putra seorang tuan tanah kaya ini mulai memperkenalkan reformasi pertanian dan menjadi salah satu dari sedikit pejabat pemerintah yang diangkat ke tingkat propinsi tanpa pernah mengabdi pada Partai Komunis. Tetapi ia disingkirkan oleh Mao Zedong pada 1960-an. Maois merasa bahwa ia telah mengkhianati prinsip ideologinya demi reformasi kapitalis.

Selama Revolusi Kebudayaan Mao, Zhao Ziyang diarak secara memalukan melalui jalan-jalan Guangzhou dan dikecam sebagai "sisa-sisa bau busuk dari kelas tuan tanah". Zhao direhabilitasi oleh Zhou Enlai pada tahun 1973 dan dikirim ke pemerintah provinsi terbesar China, Sichuan. Provinsi ini berada di ambang keruntuhan, tetapi kedatangan Zhao Ziyang dianggap sebagai "The Great Leap" karena berhasil memperbaiki perekonomian provinsi sekitar, meningkatkan produksi industri sebesar 81%, dan output pertanian sebesar 25% dalam waktu tiga tahun.

Prestasinya menarik perhatian Deng Xiaoping yang telah muncul sebagai tokoh dominan dalam politik China setelah Mao lengser. Zhao dilantik ke Politbiro sebagai anggota alternatif pada tahun 1977 dan sebagai anggota penuh tahun 1979. After enam bulan menjadi wakil perdana menteri, Zhao diangkat sebagai perdana menteri pada tahun 1980 dan kemudian mengemban jabatan sekretaris jendral Partai Komunis.

Beliau memperkenalkan reformasi pasar untuk meningkatkan pendapatan dengan cara merampingkan birokrasi kembung negara dan mengurangi. Zhao juga memperluas hubungan perdagangan dengan barat, khususnya Amerika Serikat. hingga sepuluh kali lipat. Perusahaan-perusahaan Amerika didorong untuk berinvestasi di China. Tetapi kollapsnya perekonomian China di akhir 1980-an karena inflasi, membuat Zhao banyak mendapat protes keras. Dalam waktu tiga minggu, ia digulingkan dari semua pos kekuasaan.

Pada bulan Mei 2009, memoarnya dirilis kepada publik. Buku yang berjudul Prisoner of the State: The Secret Journal of Premier Zhao Ziyang, diduga berasal dari rekaman rahasia selama 15 tahun ketika Zhao berada di bawah tahanan rumah.

 

Oleh: Swasti

KARIR
  • Pemerintah Sichuan (1973)
  • Anggota politbiro (1977)
  • Wakil perdana menteri China (1979)
  • perdana menteri China (1980) 
  • Sekretaris jendral Partai Komunis
 
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
    Data Kosong

Sebelumnya