Zeiss

Foto:

Zeiss


Nama Lengkap : Zeiss

Alias : Carl Zeiss AG

Profesi : Perusahaan

Tempat Lahir : Jena, Jerman

Warga Negara : Oberkochen, Jerman


No Relation
BIOGRAFI

Carl Zeiss AG adalah produsen sistem optik, pengukuran industri dan peralatan medis yang didirikan di Jena, Jerman pada tahun 1846 oleh seorang ahli optik Carl Zeiss. Dibantu oleh  Ernst Abbe (bergabung 1866) dan Otto Schott (bergabung 1884), Zeiss membangun dasar optik modern dan pabriknya. Saat ini ada dua bagian perusahaan, Carl Zeiss AG terletak di Oberkochen dengan anak perusahaan penting di Aalen, Göttingen dan Munich, dan Carl Zeiss GmbH yang terletak di Jena.

Carl Zeiss adalah perusahaan terkemuka dari Gruppe Zeiss yaitu salah satu dari dua divisi besar dari Carl-Zeiss-Stiftung. The Gruppe Zeiss sendiri terletak di Heidenheim dan Jena. Carl Zeiss adalah salah satu produsen optik yang tertua di dunia. 

Kisah perjalanan perusahaan ini berawal pada 17 November 1846 ketika mekanik Carl Zeiss membuka workshop dan toko kecil di Jena Neugasse No 7. Hanya dalam beberapa bulan, Zeiss yang tidak memiliki  dasar teoritis yang solid dan pengalaman praktis yang baik sudah menemukan kliennya. Hal ini dikarenakan dia kenal baik dengan para ilmuwan dan matematikawan di University of Jena.

Pada 1847, kesuksesan bisnisnya mendorong Zeiss untuk menyewa seorang asisten dan magang dan menyewa dua ruang kerja di Wagnergasse No 34. 

Pada musim panas 1847, mengikuti saran dari gurunya, ahli botani Mattias Jacob Schleiden, Zeiss mencurahkan perhatiannya untuk membangun mikroskop sederhana. Pada bulan September 1847, ia menghasilkan pertama mikroskop daya rendah. Pada awal tahun 1850-an, terjadi peningkatan dalam permintaan untuk instrumen pengamatan dari Zeiss Workshop.

Pada saat itu, tingkat ketertarikan yang ditunjukkan oleh para ilmuwan dan profesional medis di mikroskop senyawa bertambah karena mikroskop ini adalah satu-satunya instrumen yang memberikan perbesaran yang lebih tinggi yang mereka inginkan. Pada paruh kedua 1860-an, Zeiss membujuk dosen swasta bidang fisika di Universitas Jena, Ernst Abbe, untuk mengatasi tugas menciptakan dasar matematika. Kolaborasi dari dua laki-laki ini sejak Abbe menunjukkan bahwa elemen lensa harus sudah diuji selama proses kerja dengan alat ukur yang telah dikembangkan untuk tujuan tersebut. Dia merekomendasikan bahwa proses kerja optik dan mekanik harus dipisahkan dalam konstruksi mikroskop objectives. 

Pada akhir 1860-an, Abbe mengalihkan perhatiannya pada perhitungan sistem optik. Butuh waktu lima tahun untuk membuktikan bahwa peningkatan ukuran aperture menyempurnakan fungsi mikroskop. Fisikawan melihat bahwa sifat gelombang cahaya menetapkan batas alami untuk pengakuan struktur halus yang lebih kecil dari setengah panjang gelombang cahaya. Selama pemeriksaan ini, Abbe menemukan formula untuk kondisi sinus sebagai kriteria untuk pencitraan tajam di daerah sekitar sumbu optik. Karya teoritis yang rumit dan eksperimen praktis membawa Zeiss Workshop ke batas kemampuannya.

Riset dan Analisa oleh Kustin Ayuwuragil D.

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya