Wartawan Merdeka.com Menjadi yang Terbaik di Wuling Motors-GIIAS 2019

Selasa, 6 Agustus 2019 08:00:00 Reporter: Syakur Usman
Wartawan Merdeka.com Menjadi yang Terbaik di Wuling Motors-GIIAS 2019 pemenang Wuling Motors Journalist Competition-GIIAS 2019. ©2019 Merdeka.com

Pameran otomotif internasional, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, di ICE BSD City, Tangerang, berakhir manis lagi bagi Merdeka.com.Nama Merdeka.com kembali mendapat apresiasi tinggi oleh salah satu peserta pameran, yakni Wuling Motors.

Ya, pabrikan otomotif asal China ini memilih artikel yang ditulis M Syakur Usman, editor kanal Oto/Merdeka.com,sebagai Artikel Terbaik dalam hajatan bertajuk "Wuling Motors Journalist Competition-GIIAS 2019". Ini gawean rutin Wuling di setiap GIIAS sejak tahun lalu.

Pameran GIIAS 2019 rampung pada Minggu lalu (28/7), yang dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan dihadiri beberapa menteri Kabinet Kerja, seperti Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Pameran ini menjadi ajang peluncuran global dan regional berbagai model kendaraan. Total ada 33 kendaraan baru dan 7 kendaraan konsep yang diluncurkan di GIIAS 2019. Tak heran bila pameran ini dikunjungi hampir 500 ribu orang selama sebelas hari.

©2019 Merdeka.com

Artikel Merdeka.com yang berjudul Baru Dua Tahun di Indonesia, Gaikindo: Ini yang Paling Kami Suka dari Wuling, tayang pada 24 Juli lalu, menjadi artikel terbaik di kategori Dua Tahun Eksistensi Wuling di Indonesia. Penghargaan ini merupakan penghargaan kali kedua secara dua tahun berturut-turut bagi Merdeka.com.

Dalam artikel tersebut, diulas langkah strategis berikutnya Wuling di Indonesia, setelah dua tahun hadir. Langkah tersebut adalah menggarap pasar ekspor dari pabriknya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Jadi, rencananya pada kuartal akhir tahun ini, Wuling mulai mengekspor mobil sport utility vehicle (SUV) dari pabriknya di Cikarang yang dibangun senilai US$ 700 juta.

Menariknya, mobil 'made in Cikarang' pertama yang diekspor ini justru tidak menggunakan merek "Wuling", melainkan merek "Chevrolet". Kemungkinan besar model ekspor itu adalah Chevrolet Captiva, karena menggunakan basis Wuling Almaz yang sudah dijual di Indonesia. Ekspor mobil Chevrolet Captiva buatan pabrik Wuling ini dimungkinkan, karena Wuling pada dasarnya dimiliki oleh General Motors (pemegang merek Chevrolet). General Motors memiliki Wuling bersama dengan Shanghai Automotive International Corporation (SAIC) dan Guangxi Automoile Group (Wuling).

Dalam jumlah saham, SAIC adalah pemegang saham terbesar, yaitu 50,1 persen. Sementara GM memiliki 44 persen dan Guangxi Automobile Group 5,9 persen.

Yang istimewa dalam perhelatan tahunan Wuling di GIIAS tahun ini, selain Merdeka.com berjaya, Liputan6.com yang satu grup dengan Merdeka.com di KapanLagi Youniverse (KLY) Group, juga berjaya dengan merebut Juara 3 kategori video.

Jadi, duo member KLY Group berjaya di perhelatan tahunan Wuling Motors di GIIAS 2019. Carpe diem!

[sya]
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini