Prestasi Abdul Aziz di Penghujung Tahun 2020

Kamis, 24 Desember 2020 13:44:29 Reporter: Ya'cob Billiocta
Prestasi Abdul Aziz di Penghujung Tahun 2020 Abdul Aziz. ©2020 Merdeka.com

Kabar gembira datang di penghujung tahun 2020. Wartawan merdeka.com yang bertugas di Banyumas, Abdul Aziz kembali menyabet juara. Sosok yang akrab dipanggil Sam, kali ini mengantongi juara pertama lomba karya jurnalistik bertema Jogo Tonggo. Penyelenggaranya adalah Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

"Alhamdulillah, iya menang," kata Aziz sumringah dari ujung telepon.

Dalam seremoni yang digelar di Semarang, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerahkan langsung hadiah kepada para pemenang lomba. Ada yang diwakilkan, termasuk Aziz yang tidak bisa datang langsung karena satu hal.

Aziz menulis kisah perjuangan murid-murid dalam belajar jarak jauh di Dusun Pesawahan, sebuah wilayah yang berada di lereng Gunung Slamet. Di sana, sinyal internet menjadi barang yang mahal.

Berangkat dari kenyataan ini, tercetuslah ide untuk memanfaatkan handy talkie (HT) sebagai pengganti handphone.

Alat komunikasi HT yang berbentuk mirip telepon genggam itu, adalah buah solidaritas sejumlah individu dan komunitas yang bahu membahu untuk meringankan dampak pandemi Covid-19 yang dialami siswa-siswi di sana. Kisah solidaritas ini, dimulai pada Agustus 2020 lalu.

Gerakan solidaritas tersebut berjalan dengan basis budaya gotong royong atau keikutsertaan berbagai pihak mulai dari Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari), pers, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) SAI, juga akademisi.

Kepedulian berbagai pihak ini, mensinergikan sikap saling peduli untuk meringankan beban satu sama lain di situasi sulit pandemi Covid-19.

Sebelumnya Aziz juga mencatat sederet prestasi lewat karya tulis jurnalistik. Berikut sebagian prestasi yang sudah dikantongi:

1. Pemenang I Foto Cerita Kertas 2019 Harian Kompas dan APP Sinarmas.

2. Pemenang II Lomba Jurnalistik Wartawan Jawa Tengah Pemprov Jawa Tengah Kategori Desa Wisata.

3. Penerima Story Grant Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk) tentang Liputan Kebebasan Beragama dan Berekspresi

4. Penerima beasiswa short course jurnalistik dan fotografi di Lasalle College of Art Singapore dari Pemprov Jawa Tengah

5. Penulis Emerging Indonesia Terpilih Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) 2017

6. Pemenang II Jurnalistik World Tobacco Grower's Day (WTGD) 2017.

Bravo Sam...

[cob]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini