Baru Setahun di Merdeka, Sudah 'Langganan' Juara

Rabu, 10 Maret 2021 11:04:08 Reporter: Anwar Khumaini
Baru Setahun di Merdeka, Sudah 'Langganan' Juara Riska Nur Laily Muallifa. ©2021 Merdeka.com

Riska Nur Laily Muallifa, lahir di Bojonegoro, Jawa Timur pada 1996 silam. Meskipun pernah bercita-jadi menjadi wartawan perang semasa SMA, ia memilih berkuliah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS Solo.

Semasa kuliah aktif berkegiatan di pers kampus dan beberapa organisasi luar kampus seperti Bentara Muda Solo, Komunitas Pemutaran Film Kisi Kelir, dan Komunitas Sastra Pawon. Ia juga tergabung dalam Divisi Humas Solo International Performing Arts (SIPA) 2015-2016.

Minatnya pada dunia pers dan tulis-menulis berawal dari keikutsertaannya dalam ekstrakurikuler jurnalistik di SMA Negeri 2 Bojonegoro. Ia pernah terpilih sebagai peserta Workshop Pers Kampus (WPK) yang diadakan oleh Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (SeJuK) di Yogyakarta (2015), peserta Workshop Pers untuk Perubahan Iklim dan Pembangunan Berkelanjutan di Bandung (2016), peserta Holistic Safety Training oleh AJI Indonesia (2020).

©2021 Merdeka.com

Saat sudah bergabung dengan tim merdeka lokal Jogja, Riska terpilih sebagai jurnalis fellows liputan Pekerja Migran Indonesia (PMI) oleh Infest Yogyakarta di Blitar, Jawa Timur, beberapa bulan lalu. Terakhir, minggu ini Riska meraih juara 2 Lomba Penulisan Artikel: Pengelolaan Sampah Berbasis Pemberdayaan Masyarakat di Daerah Aliran Sungai, Kategori Media Nasional yang diselenggarakan oleh Yayasan KEHATI, Mongabay Indonesia, dan Journalist Learning Forum.

Selain bekerja di merdeka.com, juga aktif menulis di sejumlah media lokal dan nasional.

Di kantor, Riska bisa disebut 'penggerak' teman-temannya. Bukannya penggerak untuk demo, namun Riska selalu menjadi inisiator teman-temannya untuk sekadar ngumpul-ngumpul di coffee shop, atau sekadar nongkrong di kantor sambil diskusi ngalor ngidul. Rizka juga sering jadi volunteer bagi teman-temannya untuk mengoordinir jajan online di waktu sore saat kerjaan sudah mulai santai. Belakangan, wanita yang gabung di Merdeka Lokal Jogja Februari 2020 ini menggandrungi Sinetron Ikatan Cinta. "Saya cuma pengen lihat Mas Aldebaran saja," ujarnya santai.

©2021 Merdeka.com

Riska juga satu dari sebagian kecil tim merdeka jogja yang setiap hari selalu ngantor, meski kewajiban ngantor cuma seminggu sekali. "Lumayan dapat makan siang gratis," katanya polos.

Satu lagi, Riska saat ini masih jomblo dan sedang mencari tambatan hati. :)

[paw]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini