Abdullah Sani Juara 1 PLN Journalist Award 2020

Senin, 5 April 2021 16:12:28 Reporter: Merdeka
Abdullah Sani Juara 1 PLN Journalist Award 2020 Abdullah Sani. ©2021 Merdeka.com

Dia dikenal humoris, bahkan slengean di antara kawan-kawan wartawan. Candaannya selalu gurih dan mampu menghidupkan suasana. Dialah Abdullah Sani. Wartawan merdeka.com yang menjadi ujung tombak pemberitaan kami di Provinsi Riau.

Namun siapa sangka, di balik gayanya tersebut, dia memiliki rekam jejak prestasi membanggakan. Tercatat sudah dua kali sosok pria yang selalu pede menyebut dirinya Ariel ini menorehkan namanya dalam kompetisi jurnalistik.

Di tahun 2019, Sani berhasil menjadi juara kedua dalam perlombaan karya jurnalistik yang digelar PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (UIWRKR). Lomba tersebut digelar dalam rangka hari listrik nasional.

Seolah tidak puas, Sani kemudian mengikuti kembali perlombaan karya jurnalistik yang digelar PLN. Namun bedanya kali ini dia mencoba peruntungan dengan berlaga di tingkat nasional, tidak lagi di skala regional.

Berita dia berjudul 'PLN Menyalakan Asa Warga Pulau Eksotis di Selat Malaka' baru didaftarkan ke panitia di hari-hari terakhir batas pengiriman.

Hari berganti hari, kabar baik itu kemudian datang secara tiba-tiba. Sani dapat bocoran naskahnya masuk tiga besar. Namun apakah juara 1, juara 2 atau juara 3, saat itu belum pasti.

"Palingan juara tiga bang," kata Sani dalam obrolan di WhatsApp saat itu.

Namun siapa sangka, di saat pengumuman pemenang, Sani terpilih sebagai juara 1 dalam kategori feature media online. Rasa bangga turut dirasakan awak redaksi. Terbukti tidak berlangsung lama setelah pengumuman itu, grup WhatsApp redaksi ramai ucapan selamat. Beberapa di antaranya bahkan sampai memberikan ucapan lewat video call.

"Ini berkat doa-doa abang semuanya," ucap Sani merendah.

Dalam PLN Journalist Award (PJA) 2020, proses seleksi dilakukan secara ketat terhadap 1.000 karya para awak media. PJA 2020 menetapkan sebanyak 27 pemenang dari sembilan kategori yang dilombakan.

Acara PJA 2020 dilaksanakan sejak Desember 2020. Terdapat sembilan kategori karya jurnalistik yang dilombakan, yakni hardnews media cetak, feature media cetak, hardnews media online, feature media online, hardnews televisi, feature televisi, foto esai, foto tunggal, dan publikasi CSR.

Karya tersebut merupakan karya yang telah ditayangkan pada media massa pada rentang waktu dari 1 Januari 2020 hingga 28 Februari 2021.

Dalam seremonial yang digelar secara virtual, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menyampaikan rasa terima kasih kepada rekan jurnalis yang telah bersama-sama PLN menerangi peradaban.

"Berkat kerja-keras insan pers, masyarakat mengetahui apa yang kami lakukan. Berkat kerja-keras teman-teman, pengembangan di sektor ketenagalistrikan bisa terus berjalan," tutur Zulkifli Zaini.

Tetap berkarya dan berprestasi Lae...

[cob]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini