Vladimir Vladimirovich Putin

Foto:

Vladimir Vladimirovich Putin


Nama Lengkap : Vladimir Vladimirovich Putin

Alias : Vladimir Putin

Profesi : Birokrat

Agama : Kristen

Tempat Lahir : St Petersburg

Tanggal Lahir : Selasa, 7 Oktober 1952

Zodiac : Balance

Hobby : Judo

Warga Negara : Rusia


Istri : Lyudmila Aleksandrovna
Anak : Mariya, Yekaterina
BIOGRAFI

Vladimir Vladimirovich Putin, Presiden Federasi Rusia terpilih pada tahun 2012. Sebelumnya pernah menjabat sebagai Presiden sementara Rusia pada 31 Desember 1999, saat menggantikan Boris Yeltsin dan kemudian terpilih menjadi presiden pada 7 Mei 2000 serta terpilih kembali untuk masa jabatan kedua pada tahun 2004.

Lahir pada tanggal 7 Oktober 1952 di St Petersburg, merupakan anak tunggal karena dua saudaranya meninggal ketika masih kecil. Meskipun saat ini menjadi pemimpin pemerintahan komunis, Putin dibaptis berdasarkan kepercayaan Gereja Ortodoks. Pada 28 Juli 1983 putin menikahi Lyudmila Aleksandrovna. Mereka memiliki dua orang anak perempuan, Mariyana Putina (lahir pada 28 April 1985 di St Petersberg) dan Yekaterina Putina (lahir pada 31 Agustus 1986 di Dresden).

Pria yang menyukai olahraga Judo ini memulai karir awalnya dengan bergabung di KGB atau singkatan dari Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnost (Komisi Keamanan Negara) yang merupakan badan intelijen Uni Soviet pada tahun 1975 sampai pada tahun 1990 dan menjalin aliansi dengan Anatoly Sobchak, walikota St Petersburg, serta berkerja padanya sebagai asisten sejak Maret 1994. Mulai pada saat itu, karir politik Putin terus menanjak. Dia mendapat banyak rekomendasi, mulai dari sebagai pejabat administrasi kepresidenan, kepala Ferderal Security Bureau (FSB) serta sebagai perdana menteri Rusia pada Agustus 1999. 

Menjelang awal tahun 2000, Boris Yeltsin mengundurkan diri dari jabatan kepresidenan dan menunjuk Putin sebagai presiden sementara Rusia. Pada pemilihan presiden tanggal 26 Maret 2000, Putin memperoleh suara sebanyak 52.95% dari jumlah pemilih. Secara resmi Putin menjabat sebagai presiden Rusia pada tanggal 7 Mei 2000.

Dalam masa kepemimpinannya, Putin mampu mengangkat kembali Uni Soviet setelah kejatuhannya yang menjadi sebuah tragedi nasional. Putin menciptakan banyak kemajuan di berbagai bidang, di antaranya dalam bidang Ekonomi yakni pendapatan real yang meningkat rata-rata 7% setiap tahunnya, dalam bidang bidang industry, dalam bidang energi Nuklir, pertahanan dan militer, lingkungan, serta olahraga. 

Selain itu, Putin juga mampu menjalin hubungan internasional yang baik dengan beberapa Negara, di antaranya dengan Amerika Serikat, Inggris, China, Iran, Autralia serta Negara-negara Amerika latin. Dengan begitu banyak pencapaian, Putin mendapatkan respon yang begitu baik oleh masyarakat Rusia. Persentase kepopularitasan Putin meningkat dari 31% pada bulan Agustus 1999 menjadi 80% pada November 1999 dan sejak saat itu tidak pernah menurun dibawah 65% selama masa kepemimpinannya.

 

Oleh: Feronika

Last Update: 15/3/2014

PENDIDIKAN

Leningrad State University

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA

Sebelumnya