Zulhas Lapor Jokowi, 2 Bulan Jadi Mendag Harga Minyak Sudah Turun

Kamis, 4 Agustus 2022 17:00 Reporter : Merdeka
Zulhas Lapor Jokowi, 2 Bulan Jadi Mendag Harga Minyak Sudah Turun Mendag Zulkifli Hasan. istimewa ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan tiba di Istana Kepresidenan Jakarta, guna melaporkan perkembangan harga minyak goreng kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengklaim, dalam jangka waktu dua bulan menjadi menteri, dia sudah berhasil mengendalikan harga minyak goreng.

"Saya laporan, perintah presiden waktu saya jadi menteri 2 bulan minyak curah, minyak kemasan sederhana Rp 14 ribu. Alhamdulillah 2 minggu sudah 14 ribu Jawa-Bali. Sumatera, Kalimantan. Tinggal Papua, Sulawesi, Maluku dalam 2 minggu juga sudah (harga terkendali)," kata Zulhas di Istana Negara Jakarta, Kamis (4/8).

Selain soal minyak goreng, Zulhas mengaku juga mendapat perintah dari Presiden Jokowi agar harga tandan buah segar (TBS) sawit menjadi di atas Rp 2.000. Sebab sebelumnya, banyak dikeluhkan petani jika harganya terus merosot.

"TBS itu harus di atas Rp2.000. Hari ini sebagian sudah di atas Rp2.000, sebagian masih Rp1.700. Saya sudah janji 2 minggu lagi Rp2.000. TBS bisa di atas Rp2.000," yakin Zulhas.

Dia kemudian merinci, sejumlah hal dilakukan kementeriannya dalam menyiasati hal tersebut. Pertama, soal pungutan ekspor yang ditunda dan otomatis membuat harga naik Rp600. Kedua, hitungan satu bulan soal bea keluar

"Kalau 2 mingguan kenanya Cuma USD52-an. Berarti pemerintah memberikan apa namanya, pajaknya dikurangi USD230 lebih. Berarti naik lagi Rp630. Artinya harga TBS itu sekurang-kurangnya Rp1.230 ditambah Rp1.250 menjadi Rp2.480. Nah sekarang ada di Riau sudah Rp2.100-an, di Jambi masih Rp1.700-an, satu minggu dua minggu ke depan sudah di atas Rp2.000 rata-rata," tutupnya.

Reporter: Muhammad Radityo

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Ibu-ibu di Jakbar Tertipu Minyak Goreng Murah, Kerugian Capai Ratusan Juta
Malaysia Batasi Harga Minyak Goreng, Kemasan 5 Kg Dibanderol Rp115.838
Dibanding HET, Kebijakan Ini Dinilai Lebih Efektif Turunkan Harga Minyak Goreng
Upaya Pemerintah Dinilai Berhasil, Harga Minyak Goreng Deflasi Selama 3 Bulan
Berkas Lengkap, Mafia Minyak Goreng Segera Disidang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini