Yogya jadi salah satu destinasi terbanyak dituju selama libur Natal dan Tahun Baru

Rabu, 3 Januari 2018 14:43 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Yogya jadi salah satu destinasi terbanyak dituju selama libur Natal dan Tahun Baru yogyakarta. blogspot.com

Merdeka.com - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, mengatakan terjadi lonjakan penumpang di beberapa bandara saat periode Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Salah satunya adalah Bandara Adi Sutjipto di Yogyakarta.

"Salah satu bandara yang mengalami fluktuasi pergerakan penumpang sangat dinamis adalah Bandara Adi Sutjipto yang terletak di Yogyakarta yang merupakan kota tujuan pariwisata nasional," kata Agus di Kantornya, Jakarta, Rabu (3/1).

Jumlah kenaikan penumpang di Yogyakarta dari H-7 sampai H+1 penumpang domestik tahun ini dibanding tahun lalu berturut turut adalah 12,53 persen; 9,28 persen; 18,45 persen; 15,89 persen; 20,72 persen; 13,27 persen; 9,15 persen; 11,87 persen; 7,13 persen; 14,17 persen; 22,04 persen; 24,34 persen; 13,79 persen; -1,19 persen; 9,59 persen.

"Saya menyadari bahwa jumlah penumpang melonjak tinggi di Bandara Adi Sutjipto ini sehingga jumlah pergerakan pesawat juga meningkat. Namun bandara ini mempunyai keterbatasan dalam hal movement hingga tempat parkir pesawat," ujarnya.

Agus mengatakan bahwa pemerintah dalam hal ini PT Angkasa Pura I tengah membangun Bandara Baru Yogyakarta (New Yogyakarta International Airport/ NYIA) di Kulon Progo yang lebih besar dan representatif untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang pesawat di Yogyakarta dan sekitarnya.

Bandara baru tersebut ditargetkan sudah bisa beroperasi pada 2019. Diharapkan dengan pembangunan airport lengkap dengan terminal penumpang baru serta fasilitas pendukung lainnya tersebut, maka kapasitas terminal penumpang Bandara NYIA akan meningkat mencapai 10 juta penumpang per tahun.

"Tentunya bandara tersebut akan lebih menunjang kota Yogyakarta sebagai kota budaya dan pariwisata." [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini