YLKI Nilai Pemerintah Seharusnya Selesaikan Masalah Pasokan Minyak Goreng Premium

Rabu, 16 Maret 2022 19:18 Reporter : Merdeka
YLKI Nilai Pemerintah Seharusnya Selesaikan Masalah Pasokan Minyak Goreng Premium Antrean warga saat operasi pasar minyak goreng di Pamulang. ©2022 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai Pemerintah harus fokus dalam menyelesaikan permasalahan pasokan minyak goreng premium. Sehingga penyediaan kembali minyak goreng curah di pasar, menjadi opsi terakhir bukan solusi segalanya.

"Persoalan minyak goreng harus dituntaskan dari sisi hulu, sehingga permasalahan bisa diselesaikan dan masyarakat bisa menikmati kembali minyak goreng premium dengan harga terjangkau, dan pasokan distribusi yang terjamin," kata Staf Bidang Pengaduan dan Hukum YLKI Rio Priambodo kepada Liputan6.com, Rabu (16/3).

Menurutnya, proses penetapan harga harus diimbangi dengan sistem distribusi yang terjamin, jangan sampai pemerintah sudah menetapkan harga tapi nyatanya di lapangan produknya tidak ada.

"Pemerintah jangan ambigu membuat suatu aturan, hal tersebut akan menimbulkan ketidakpastian di masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan juga akan menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan mengenai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang akan berlaku pada 16 Maret 2022.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, ratas Kebijakan Distribusi dan Harga Minyak Goreng ini dilakukan sekaligus untuk mengevaluasi ketersediaan minyak goreng dengan memperhatikan situasi dan perkembangan di seluruh daerah.

Tak hanya itu, Pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) juga akan memberikan subsidi, agar masyarakat mendapatkan minyak goreng curah dengan harga Rp14.000 per liter.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Kejati DKI Selidiki Dugaan Mafia Minyak Goreng Libatkan Sejumlah Perusahaan
Sambangi Pasar Bantar Gebang, Kapolri Cek Ketersediaan Minyak Goreng
Minyak Goreng Kemasan Tak Lagi Murah, Ikuti Harga Pasar
Akhirnya Presiden Jokowi Turun Gunung Tangani Minyak Goreng Langka dan Mahal
Asosiasi Harap Indonesia Tak Lagi Pakai Minyak Goreng Curah
Kapolri Meninjau Pabrik Minyak Goreng di Bekasi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini