Wishnutama Minta Netflix Tambah Tayangan Lokal 20 Persen

Kamis, 7 November 2019 13:05 Reporter : Merdeka
Wishnutama Minta Netflix Tambah Tayangan Lokal 20 Persen Netflix. ©2018 Droid-Life.com

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mendorong agar layanan streaming Netflix memberi ruang lebih bagi pembuat konten Indonesia. Hal ini dilakukan agar perusahaan asing tidak sekadar meraup untung di Indonesia.

Wishnutama pun sempat menyebut angka 20 persen untuk jumlah konten lokal Indonesia.

"Oke Anda mau masuk ke Indonesia, (tapi) bikin dong konten Indonesia 20 persen. Bukannya semua pakai original-original buatan Anda. Kerja sama dengan local production. Begitu," ujarnya pada Dialog Nasional Ekonomi Kreatif bersama Kadin, di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (7/11)

"Netflix oke, fine, welcome to our country, tapi ide orang Indonesia bagaimana konten-kontennya?" lanjut sang menteri.

Namun demikian, pria yang akrab disapa Tama itu menyebut angka 20 persen hanya untuk contoh saja. Angka itu didapat dari industri pertelevisian ketika investasi asing hanya boleh maksimum 20 persen saja agar mencegah perubahan budaya di Indonesia.

1 dari 1 halaman

Rangkul Pembuat Konten Lokal

Ketika ditanya berapa jumlah ideal konten lokal di Netflix, Menteri Tama berkata yang paling penting platform over-the-top (OTT) seperti Netflix harus merangkul pembuat konten lokal.

Dia pun mendorong perlindungan data yang lebih komprehensif agar platform asing seperti Netflix tidak gampang memboyong data-data konsumen Indonesia untuk kepentingan mereka sendiri.

"Intinya kita akan minta bahwa platform OTT luar, pertama harus bisa melibatkan industri kreatif kita. Harus kita perjuangkan ke arah situ. Begitu juga dengan datanya," ujarnya.

Tama mengaku tidak anti-Netflix, melainkan ingin memberikan kompetisi yang adil agar pemain lokal bisa berkembang juga. Dia pun akan berkoordinasi dengan Menteri Komunikasi dan Informatika terkait isu Netflix.

Sejauh ini, Netflix memang sudah berniat menambah konten lokal Indonesia. Namun, belum ada aturan khusus berapa konten lokal yang harus mereka miliki.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber:Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Menkominfo Johnny soal Pajak Netflix: Saya Harus Bicarakan Dulu dengan Menkeu
Usai Google dan Facebook, Pemerintah Bakal Kejar Pajak Netflix
Susun Aturan Baru, Sri Mulyani Buat Tarif Pajak untuk Google, Netflix dan Amazon
Tanggapan KPI Terkait Petisi 'Jangan Urusin Netflix'
Rudiantara Belum Ada Payung Hukum untuk Awasi Netflix & YouTube
KPI Terima Petisi Penolakan Pengawasan Netflix

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini