Wapres Usul Ekonomi Syariah Dimasukkan ke Kurikulum Pesantren

Kamis, 6 Oktober 2022 19:42 Reporter : Sulaeman
Wapres Usul Ekonomi Syariah Dimasukkan ke Kurikulum Pesantren Wapres Maruf Amin. ©2019 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres), Maruf Amin mengusulkan ekonomi syariah dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan pesantren. Wapres Maruf menilai, ekonomi syariah berpotensi besar menjadi penopang ekonomi nasional sehingga perlu dipahami masyarakat luas.

"Oleh karenanya, pesantren di seluruh pelosok negeri harus terus kita dorong untuk menggalakkan kegiatan dan pembelajaran di bidang ekonomi dan keuangan syariah dalam kurikulumnya," ungkapnya dalam acara Indonesia Sharia Economic Festival 2022 di JCC Senayan, Kamis (6/10).

Wapres Maruf menyampaikan, ekonomi syariah terbukti dapat diandalkan untuk menciptakan keseimbangan antara pertumbuhan dan pemerataan. Ini karena ekonomi syariah bertumpu pada sektor riil sehingga berperan penting dalam pengamanan pasokan nasional.

Misalnya, dana sosial syariah menjadi salah satu pilar ekonomi dan keuangan syariah, telah didistribusikan kepada masyarakat untuk membantu menjaga daya beli masyarakat. Selain itu, Ziswaf juga menjadi instrumen yang efektif untuk pemberdayaan ekonomi umat.

"Ini yang pada gilirannya kita harapkan dapat mengentaskan kemiskinan serta ketimpangan sosial-ekonomi," imbuhnya.

Melalui pembelajaran ekonomi syariah di kurikulum ini, dia berharap penguatan ekonomi dan keuangan syariah Indonesia bergerak mulai dari akar rumput hingga ke level pembuat kebijakan.

"Hal ini bisa kita capai karena adanya sinergi erat di antara semua pemangku kepentingan, tidak terkecuali Bank Indonesia," pungkasnya. [idr]

Baca juga:
Festival Ekonomi Syariah 2022 Bukukan Kesepakatan Bisnis Hingga Rp9,43 T
Kemendag soal Indonesia Jadi Pusat Fesyen Muslim Dunia: Ini Bukan Mimpi Belaka
Ini 3 Strategi Bank Indonesia Kebut Pengembangan Ekonomi Syariah
Resmi Diluncurkan, Ini Syarat untuk PNS Beli Rumah dengan Skema Tapera Syariah
Mendag Zulhas Ingin RI Kuasai Pasar Fashion Muslim Dunia
Dalam 2 Tahun, Pembiayaan Syariah Ultra Mikro PIP Tumbuh Pesat

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini