Wapres Ma'ruf: UMKM Tak Boleh Tercecer dari Digitalisasi

Selasa, 6 April 2021 11:19 Reporter : Merdeka
Wapres Ma'ruf: UMKM Tak Boleh Tercecer dari Digitalisasi Pertemuan silaturahmi PBNU dan Maruf Amin. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin mengatakan, pandemi covid-19 telah memunculkan berbagai perubahan dalam hal transformasi digital. Oleh karena itu, dia mengajak semua pihak untuk mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) turut go digital.

"Pandemi covid-19 juga telah memunculkan berbagai perubahan terhadap perilaku kita. Dalam dunia usaha pun demikian pandemi mempercepat transformasi digital dalam berbisnis sebagian besar usaha saat ini dilakukan secara online," kata Wapres Ma'ruf dalam Forum Indonesia Bangkit Vol.1 Strategi Sektor Kesehatan Untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi, Selasa (6/4).

Hal ini terlihat dari pertumbuhan penjualan secara online, dan meningkatnya aktivitas usaha jasa pengiriman barang. Namun tak bisa dipungkiri, bahwa UMKM belum semuanya tersentuh digitalisasi.

"Oleh karena itu saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama membantu UMKM mengikuti arus digitalisasi ini. UMKM tidak boleh tercecer dalam digitalisasi namun UMKM harus menjadi bagian dalam transformasi ekonomi digital," ujarnya.

Wapres menyampaikan, ada sektor lainnya yang menjadi perhatian pemerintah dalam pengembangan, yakni ekonomi syariah dalam jaminan produk halal.

Terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 39 tahun 2021 tentang penyelenggaraan bidang jaminan produk halal, diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan industri halal nasional dan membawa Indonesia menjadi produsen halal global.

Baca Selanjutnya: Vaksinasi Tumbuhkan Optimisme...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini