Wapres Jusuf Kalla pastikan harga beras segera turun

Senin, 23 Februari 2015 19:31 Reporter : Sri Wiyanti
Wapres Jusuf Kalla pastikan harga beras segera turun Beras impor. Merdeka.com /Arie Basuki

Merdeka.com - Sore tadi Wakil Presiden Jusuf Kalla mengumpulkan para menteri ekonomi dan Bulog untuk membahas persoalan lonjakan harga beras belakangan ini. Penyebabnya, kurangnya pasokan beras di pasaran.

JK sapaan akrabnya buru-buru menegaskan bahwa kurangnya pasokan beras murni lantaran persoalan administrasi terkait distribusi raskin Bulog. Bukan karena ulah nakal pedagang atau spekulan.

"Tidak ada hubungannya penimbunan," kata JK di kantornya, Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (23/2).

Pemerintah segera menggelontorkan 300.000 ton raskin ke seluruh pelosok tanah air guna mengatasi persoalan kelangkaan beras di masyarakat. Dengan cara itu harga beras akan segera turun.

"Insya Allah pasti (turun harga beras) karena beras itu turun-naik hanya karena masalah suplai saja. Itu saja. Harganya cuma Rp 1.600 (per kg) raskin itu," tutur JK.

Ketua umum PMI ini juga menepis anggapan adanya mafia beras yang bermain di balik kelangkaan pasokan yang berujung pada melonjaknya harga beras.

"Tidak ada itu. Hanya orang dagang biasa timbun-timbun, nanti juga biar rugi sendiri kita turunkan harga," ucap JK.

Jika ditemukan ada pihak-pihak yang memanfaatkan kondisi ini untuk meraup keuntungan, pemerintah tidak akan segan-segan dan berjanji menindak mereka, pelaku penimbun beras. "Kita suruh tangkap polisi," tegas JK. [noe]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini