Wapres JK: Vietnam minat beli pesawat CN-295 karya PT DI

Kamis, 2 Juni 2016 16:03 Reporter : Idris Rusadi Putra
PT Dirgantara Indonesia. ©2014 merdeka.com/nurul julaikah

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut bahwa Vietnam berminat membeli pesawat jenis CN-295 yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia.

"Tadi kami melanjutkan pembicaraan rencana pembelian CN-295," ujar JK seusai melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Perdana Menteri Vietnam Trinh Dinh Dung di sela-sela World Economic Forum (WEF) on ASEAN 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia, seperti ditulis Antara Kamis (2/6).

Namun Wapres tidak menjelaskan secara teknis tentang rencana pembelian pesawat tersebut, termasuk mengenai jumlah unit.

Perdagangan beras dari Vietnam ke Indonesia juga dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Namun JK menegaskan bahwa Indonesia belum memastikan impor beras dari mana pun.

Dalam pertemuan tersebut, JK juga menyampaikan pandangan Indonesia yang sama dengan Vietnam dalam sengketa wilayah perairan Laut China Selatan.

Indonesia tidak termasuk negara yang mengklaim wilayah perairan yang disengketakan oleh Vietnam, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan China itu.

Sementara itu, seusai mengikuti WEF on ASEAN di Kuala Lumpur pada 1-2 Juni 2016, Wapres dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla beserta rombongan langsung bertolak menuju Tanah Air.

Sebelum melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil PM Vietnam, Wapres bertemu dengan Amnesty International. Pertemuan tersebut terlambat sekitar 30 menit karena Wapres, Kamis pukul 07.30 waktu setempat melayat ke rumah duka salah satu menantu Wakil PM Malaysia di Kuala Lumpur. [idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.