Wapres JK: Transmigrasi Jadi Cita-Cita Pemerintah untuk Pemerataan Kesejahteraan

Kamis, 1 Agustus 2019 12:32 Reporter : Merdeka
Wapres JK: Transmigrasi Jadi Cita-Cita Pemerintah untuk Pemerataan Kesejahteraan Jusuf Kalla. ©2018 Merdeka.com/Intan Umbari

Merdeka.com - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Transmigrasi bertema Revitalisasi Pembangunan Ekonomi Kawasan Transmigrasi 4.0.

Rakornas kali ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat Dan menteri, seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Dalam sambutannya di acara pembukaan, Wapres JK mengatakan, transmigrasi merupakan program yang telah lama dicanangkan pemerintah sejak era 1950-an, dengan tujuan untuk meratakan kesejahteraan hingga ke daerah terluar negara.

"Transmigrasi tentu kita pahami semua sebagai program yang sudah lama dibuat untuk memajukan negeri. Dalam perkembangannya, paradigma transmigrasi terus berubah sesuai zamannya," ungkap dia di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta, Kamis (1/8).

Dia menceritakan, transmigrasi pada mulanya bermaksud untuk mengurangi kepadatan penduduk di Pulau Jawa untuk dipindahkan ke pulau-pulau lain seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua. Namun, masalah kemudian muncul ketika transmigran kerap berselisih paham dengan penduduk lokal.

Menanggulangi hal tersebut, pemerintah mencoba mengomandoi pendatang untuk saling bercampur dalam lingkup sosial bersama penduduk lokal, yakni dengan cara berbagi ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya.

"Transmigrasi itu transfer keterampilan. Orang Jawa dan Bali itu biasa lebih terampil pertanian. Maka itulah suatu pergaulan atau percampuran kemampuan diharapkan akan terjadi. Itu baru suatu transmigrasi berhasil," tutur dia.

Jika cara tersebut berhasil, lanjutnya, itu menandakan bahwa tujuan awal dari diadakannya program transmigrasi berhasil tercapai, yakni meningkatkan kesejahteraan penduduk hingga ke wilayah terluar. "Sekarang ini, transmigrasi untuk memberikan kesejahteraan untuk yang datang dan lebih mensejahaterakan yang sudah tinggal di sana. Baru ada keseimbangan," ujar dia.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini