Wapres JK Minta Boeing Buktikan Pesawat Buatannya Aman

Selasa, 12 Maret 2019 16:05 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Wapres JK Minta Boeing Buktikan Pesawat Buatannya Aman Jusuf Kalla soal Boeing. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menilai tepat keputusan Kementerian Perhubungan melarang terbang sementara pesawat terbang Boeing 737 MAX 8 di Indonesia untuk diperiksa. Langkah tersebut diambil terkait jatuhnya Pesawat Ethiopian Airlines berjenis Boeing 737 Max 8.

Dia juga mengatakan pihak Boeing seharusnya membuktikan pesawatnya bisa melayani penumpang dengan baik. Serta, kata Wapres JK, lebih hati-hati dalam mengambil tindakan.

"Boeing harus membuktikan pesawatnya baik. Itu (penghentian sementara) sudah tepat. Lebih baik hati-hati mengambil tindakan dibanding membiarkan. Kalau terjadi apa-apa, habis," kata Wapres JK di Kantornya, Jalan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (12/3).

Dia juga menjelaskan pelarangan pesawat tersebut oleh dunia juga dapat mengganggu bisnis Boeing. Secara otomatis, kata dia, saham Boeing akan turun drastis.

"Pasti mengganggu sedikit. Kalau 10 Lion digrounded, pasti mengganggu penerbangan kan. Di dunia juga gitu, saham Boeing langsung turun, saham pesawat itu juga turun. Pasti mengganggu. Harus peka pada keamanannya," kata Wapres JK.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengambil langkah untuk melakukan inspeksi larang terbang sementara pesawat terbang Boeing 737 MAX 8 di Indonesia. Langkah tersebut diambil terkait jatuhnya Pesawat Ethiopian Airlines berjenis Boeing 737 MAX 8.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti mengatakan larangan dikeluarkan untuk memastikan bahwa pesawat Boeing yang beroperasi di Indonesia dalam kondisi laik terbang. Serta untuk menjamin keselamatan penerbangan di Indonesia. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini