Wapres JK Bantah Prabowo: Unicorn Justru Datangkan Modal Asing

Selasa, 19 Februari 2019 17:01 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Wapres JK Bantah Prabowo: Unicorn Justru Datangkan Modal Asing Wawancara Jusuf Kalla soal unicorn. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menanggapi terkait pernyataan Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto yang mengaku khawatir perkembangan perusahaan rintisan (startup) dengan valuasi di atas USD 1 miliar atau unicorn yang kian masif akan mendorong aliran dana ke luar negeri. Wapres JK justru menilai unicorn mendatangkan modal asing.

"Justru terbalik. Unicorn dalam praktiknya mendatangkan modal asing," kata Wapres JK di Kantornya Jalan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (19/2).

Menurutnya, perusahaan startup unicorn juga berkontribusi pada ekonomi negeri. Di mana, mereka membuka lapangan kerja dan memberi masukan dari sisi pajak.

"(Unicorn) Memberikan lapangan kerja jutaan orang. Sedangkan itu yang kita butuhkan. Dan kita bersyukur bahwa itu anak-anak muda kita yang mengerjakan itu," kata Wapres JK.

Namun, diakui juga, penanaman modal asing membuat keuntungan sebagian lari keluar negeri. Akan tetapi hal tersebut dinilai masih dalam batas wajar dalam dunia bisnis.

"Intinya unicorn memasukkan modal asing ke dalam negeri dan itu yang kita memang minta. Memang konsekuensinya setiap penyertaan modal asing yang masuk juga dividennya (ke sana) modalnya tetap ada di sini," kata Wapres JK.

"Kapan ada modalnya GOJEK keluar? Tidak ada kan? Uang masuk memberikan lapangan kerja. Kalau tidak ada uang masuk itu bagaimana ratusan ribu yang kerja di unicorn berjalan? Jadi terbalik," lanjutnya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto mengaku khawatir perkembangan perusahaan rintisan (startup) unicorn yang kian masif akan mendorong semakin besar aliran dana ke luar negeri.

"Kalau ada unicorn hebat, saya khawatir mempercepat uang-uang kita lari ke luar negeri. Silakan Anda ketawa tapi ini masalah bangsa," ujar Prabowo dalam debat kedua capres, Minggu (17/2) malam. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini