Wapres: Indonesia Jadi Negara Peringkat Ekonomi Syariah ke-4 Dunia

Kamis, 15 Juli 2021 10:20 Reporter : Dwi Aditya Putra
Wapres: Indonesia Jadi Negara Peringkat Ekonomi Syariah ke-4 Dunia Maruf Amin. ©2019 dok.Setwapres RI

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin menyebut bahwa Indonesia telah menduduki peringkat ekonomi syariah ke-4 dunia dalam laporan The State of the Global Islamic Economy Report 2020/2021. Capain itu naik dari peringkat ke-5 pada 2019, dan peringkat ke-9 pada 2018.

Begitu juga dengan industri keuangan syariah Indonesia. Laporan Islamic Finance Country Index (IFCI) 2020 menyebutkan, dari 42 negara dunia yang disurvei terkait keuangan syariah, Indonesia menempati posisi ke-2 dengan skor 82,01 setelah Malaysia.

"Keberhasilan Indonesia menduduki peringkat tersebut menunjukkan bahwa sektor ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat, bahkan di tengah kondisi pandemi Covid-19," ujarnya dalam konferensi internasional dengan tema utama The Future of Islamic Capital Market: Opportunities, Challenges, and Way Forward, Kamis (15/7).

Wapres Maruf mengatakan, capaian ini tentunya menumbuhkan semangat optimisme dan keyakinan bagi semua pihak. Baik para stakeholder, investor, maupun pelaku usaha sektor ekonomi syariah, untuk terus mengembangkan dan memajukan industri keuangan syariah di Indonesia.

Keberhasilan itu juga didukung Indonesia yang termasuk negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Di mana sekitar 87 persen dari penduduknya beragama Islam.

"Dengan potensi pasar global dan domestik yang besar, Indonesia bercita-cita menjadi pemain utama dalam bidang ekonomi dan keuangan syariah," ujarnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini