Wanita Ini Beri Tips untuk Orang Tua Agar Anak Bisa Sukses

Jumat, 10 Mei 2019 07:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Wanita Ini Beri Tips untuk Orang Tua Agar Anak Bisa Sukses Esther Wojcicki. ©2019 cnbc.com

Merdeka.com - Esther Wojcicki adalah seorang ibu dari 3 anak perempuan yang sukses di bidangnya masing-masing. Dia tidak pernah menyangka bahwa foto keluarganya akan muncul di sampul majalah karena kesuksesan anak-anaknya.

Ketiga anaknya, yakni Susan adalah CEO YouTube, Janet adalah profesor pediatri, dan Anne adalah pendiri dan CEO 23andMe. Mereka berhasil meraih profesi yang sangat kompetitif dan didominasi pria.

Melansir CNBC Make It, Wojcicki mengaku banyak orang tua yang meminta nasihat darinya. Melalui pengalaman puluhan tahun sebagai seorang ibu, nenek dan pendidik, ada beberapa nilai dasar untuk menjadikan anak-anaknya sukses.

Salah satu dari nilai-nilai ini adalah kebaikan, dan itu salah satu yang gagal diajarkan oleh beberapa orang tua kepada anak-anak mereka.

Ajari anak Anda untuk peduli

Ajari anak Anda untuk peduli dengan lingkungan sekitarnya. Tentunya, ini harus dimulai dari para orang tua, sehingga anak bisa mencontoh dengan baik dan secara tidak langsung hal tersebut akan menjadi suatu kebiasaan.

"Semua ini memengaruhi putri saya, bukan karena saya memberi kuliah kepada mereka tentang pentingnya melayani masyarakat, tetapi karena saya benar-benar peduli," kata Wojcicki.

Dengan diajarkannya hal ini, maka anak Anda akan belajar untuk bertanggungjawab dengan hal-hal yang dia lakukan.

Pentingnya komunitas

Setelah anak-anak peduli dengan lingkungan sekitarnya, ajak lah mereka untuk turut dalam komunitas sukarelawan. Dalam komunitas ini, mereka akan mampu bersosialisasi dan berbagi untuk kesejahteraan masyarakat.

Dengan demikian, anak tidak hanya diajarkan mengenai berbagi, namun mereka juga bisa memikirkan kebaikan masyarakat.

"Saya perhatikan semakin banyak anak yang benar-benar fokus pada diri mereka sendiri. Ke mana mereka ingin kuliah, liburan yang ingin mereka ambil, barang-barang yang ingin mereka beli. Kadang-kadang rasanya seperti kita melatih negara dan dunia narsisis," katanya.

Ajarkan bekerja keras

Ajarkan anak Anda untuk bekerja keras terlebih dahulu untuk mencapai apa yang mereka inginkan. Misalnya, jika anak Anda ingin kue, maka ajarkan agar dia untuk membereskan mainannya terlebih dahulu.

Dengan begitu, mereka akan mengetahui arti perjuangan. Selain mereka bisa menghargai hasil jerih payah, mereka juga bisa menghargai orang lain yang lebih membutuhkan.

Menurut Wojcicki, ada beberapa orang di Silicon Valley yang khawatir tentang diri mereka sendiri sebelum orang lain. Mereka tidak memprioritaskan kebaikan komunitas, mereka tidak berjuang untuk tujuan sosial dan mereka tidak mengejar kehidupan yang bermakna dan bertujuan.

"Akibatnya, mereka sering berakhir terisolasi dan tertekan. Saya telah bertemu banyak jutawan yang tidak bahagia dan bahkan beberapa miliarder yang tidak bahagia. Banyak dari mereka mungkin mulai sebagai anak-anak tanpa arah," jelasnya.

Ajarkan arti hidup

Wojcicki mengatakan uang dan harta benda bukan segalanya. Hal itu lah yang harus diajarkan kepada anak-anak. Kesuksesan bukan hanya soal kekayaan dan uang, namun kesuksesan memiliki makna lebih dari itu.

tips-tips di atas seperti kepedulian, belajar berbagi, dan bekerja keras adalah cara agar anak Anda bisa meraih kesuksesan yang sebenarnya. [azz]

Topik berita Terkait:
  1. Tips Sukses
  2. Tips Keuangan
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini