KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Wamenhub: Di Indonesia, 1 sepeda motor untuk 4 orang

Sabtu, 24 Mei 2014 12:24 Reporter : Nurul Julaikah
Penjualan sepeda motor. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Kedudukan sepeda motor sebagai alat transportasi pilihan utama masyarakat Indonesia menjadi fakta tak terbantahkan lagi. Saat ini, rasio kepemilikannya: Satu sepeda motor untuk empat orang.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengungkapkan sejumlah alasan mengapa fenomena tersebut terjadi.

"Pertama harga sepeda motor murah dan mudah didapatkan," katanya dalam International Transport Forum (ITF) Annual Summit 2014 di Leipzig, Jerman, kemarin. Pertemuan itu berlangsung selama dua hari,  21-23 Mei 2014. 

Alasan kedua, dia melanjutkan, transportasi publik belum termasuk dalam perencanaan tata ruang, sehingga sepeda motor dianggap sebagai alternatif untuk menurunkan kemacetan lalu lintas. Ketiga, Dealer dan institusi finansial memberikan skema kredit yang  terjangkau untuk memiliki sepeda motor.

Menurutnya, Indonesia sebagai negara yang memiliki lebih dari 13 ribu pulau menghadapi kompleksitas dalam membangun prasarana transportasi darat, laut, dan udara. Untuk itu, skema kerjasama pemerintah dan swasta atau Public Private Partnership  dalam pembangunan prasarana transportasi di Indonesia menjadi sesuatu yang penting.

"Pemerintah memberikan kesempatan kepada pihak swasta untuk turut berinvestasi di Indonesia," katanya.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) sepanjang Januari-Maret 2014, total penjualan motor nasional mencapai 1.990.375 unit. Tumbuh satu persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. [yud]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.