Wamen Arcandra Putar Otak agar Lifting Minyak Blok Cepu Tak Turun di Musim Hujan

Jumat, 1 Februari 2019 14:58 Reporter : Merdeka
Wamen Arcandra Putar Otak agar Lifting Minyak Blok Cepu Tak Turun di Musim Hujan Arcandra Tahar. ©2016 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) tengah mencari solusi untuk menghindari penurunan produksi siap jual (lifting) minyak dari Blok Cepu yang disebakan gangguan akibat cuaca.

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar mengatakan, proses ‎lifting Blok Cepu yang dioperatori Exxon Mobil Limmited berpotensi terganggu akibat intensitas hujan yang cukup tinggi.

"kalau cuaca seperti ini ada indikasi (penurunan produksi). Sekarang sih masih (normal)," kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (1/2).

Menurut Arcandra, kondisi terrsebut harus diantisipasi sebelum intensitas hujan tinggi, sebab seluruh minyak dari Blok Cepu dengan rata-rata produksi diatas 200 ribu barel per hari tersebut sedang direncanakan untuk memasok kilang PT Pertamina (Persero).‎ Untuk diketahui, saat ini Pertamina sedang melakukan negosiasi, agar bisa membeli minyak bagian Exxon dari Blok Cepu sekitar 30 ribu barel per hari.

‎"‎Liftingnya Exxon yang di Blok Cepu, crude ke Pertamina. Kalau cuaca jelek kan liftingnya terganggu," tuturnya.

‎Arcandra pun mengumpulkan beberapa pihak, di antaranya Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas bumi (SKK Migas), untuk mencari solusi agar lifting minyak dari Blok Cepu tidak turun saat musim hujan.

"Makanya mau bahas itu bagaimana atasi lifting Blok Cepu yang 220 ribu. Mau cari jalan keluar bagaimana pertahankan yang 220 ribu," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini