Waduk Jatigede Mampu Aliri 62.000 Hektare Lahan Pertanian di Indramayu

Kamis, 4 April 2019 16:41 Reporter : Merdeka
Waduk Jatigede Mampu Aliri 62.000 Hektare Lahan Pertanian di Indramayu Waduk Jatigede. ©2015 merdeka.com/andrian salam wiyono

Merdeka.com - Bupati Indramayu Supendi mengatakan, pembangunan salah satu waduk yang memberikan banyak manfaat bagi sektor pertanian di Indramayu, yaitu Waduk Jatigede. Waduk ini mampu memberikan pasokan bagi 62 ribu hektare (ha) lahan pertanian di kabupaten tersebut.

"Masyarakat Indramayu berterima kasih kepada pemerintah dan Pak Presiden yang sudah bangun Waduk Jatigede, yang manfaatnya dirasakan oleh masyarakat Indramayu. Waduk di Sumedang ini bisa mengairi 62 ribu ha lahan di Indramayu," ujar dia di Desa Tambi, Indramayu, Jawa Barat, Kamis (4/4).

Selain itu, pemerintah juga akan membangun Waduk Cipanas yang bisa dimanfaatkan oleh para petani di wilayah Indramayu bagian tengah. Sedangkan di bagian barat, juga akan dibangun Waduk Sadawarna.

"Ini baru Jatigede. Perhatian pemerintah pada Indramayu ini besar. Nanti juga akan dibangun Waduk Cipanas untuk mengairi pertanian Indramayu bagian tengah. Untuk di bagian barat juga dibangun Waduk Sadawarna untuk mengairi lahan tadah hujan," kata dia.

Sementara itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyatakan, sebagai salah satu lumbung padi nasional, pemerintah memang memberikan perhatian kepada Kabupaten Indramayu. Dengan demikian, kabupaten ini diharapkan bisa terus meningkatkan produksi berasnya.

"Indramayu ini adalah lumbung pangan, harus dijaga. (Waduk) Jatigede sudah jalan, kemudian alsintan (alat mesin pertanian) sudah ada, Insya Allah yang dulu tanam satu kali bisa dua kali, yang dua kali bisa tiga kali," tandas dia.

Reporter: Septian Deny

Sumber: Liputan6.com [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini