Virus Corona Picu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Anjlok ke 4,7 Persen

Selasa, 18 Februari 2020 14:03 Reporter : Merdeka
Virus Corona Picu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Anjlok ke 4,7 Persen pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Ekonom Chatib Basri memaparkan bahaya dampak wabah virus corona terhadap perekonomian Indonesia. Dia memprediksi pertumbuhan ekonomi negara bisa anjlok di bawah 5 persen hingga 4,7 persen akibat penyebarannya.

Sebagai langkah antisipasi, ia menghimbau pemerintah untuk bisa belajar dari data historis terkait penyebaran virus SARS yang terjadi pada 2003 silam.

"Jadi yang bisa dilakukan itu adalah melihat pola yang sama ketika terjadinya SARS. Karena kan kita engga tahu corona virus ini pertama terjadi sampai kapan, seberapa jauh, itu kita enggak bisa tahu," ujar dia di Jakarta, Selasa (18/2).

"Yang kita bisa lakukan adalah (melihat) dari apa yang terjadi daripada kasus SARS, lalu ketika itu terjadi implikasinya pada Indonesia itu apa," dia menambahkan.

1 dari 1 halaman

Perbandingan dengan SARS

Sebagai perbandingan, mantan Menteri Keuangan ini menyebutkan pertumbuhan ekonomi China pada Kuartal I 2003 drop 2 persen dari 11 persen menjadi 9 persen saat virus SARS mewabah.

Pelemahan tersebut dapat diperbaiki pada Kuartal II menjadi naik 10 persen. Sementara pertumbuhan ekonomi China pada Kuartal III-IV 2003 terpantau stabil.

"Jadi kalau lihat di dalam whole year, itu dampak dari penurunan pertumbuhan ekonomi China gara-gara SARS itu mungkin sekitar 1 persen dalam jangka pendek," kata dia.

Chatib memaparkan, berdasarkan sensitivitas perhitungan econometrics, 1 persen pertumbuhan ekonomi China itu berdampak sekitar 0,1-0,3 persen terhadap Indonesia.

"Jadi kalau China turunnya 1 persen, mungkin growth kita bisa turun di kisaran 0,1-0,3 persen. Jadi kalau angka kita terakhir kemarin 5 persen, jadi bisa dibawah 5 persen. Bisa jadi 4,7 sampai 4,9 persen kira-kira range-nya kalau polanya sama seperti SARS," tuturnya.

Sumber: Liputan6

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana [did]

Baca juga:
Direktur Rumah Sakit di Wuhan Meninggal karena Corona
Cerita WNI dari Wuhan Sempat Ditolak di Kampung Halaman karena Corona
Atasi Dampak Virus Corona, Jokowi Mau Tarif Pesawat Sampai Hotel Didiskon 30 Persen
Bank Sentral China Cuci Uang yang Berpotensi Tertular Virus Corona
Pasien Virus Corona Meninggal Dunia di China 1.868 Orang
Mahasiswi Klaten Usai Karantina di Natuna: Mohon Masyarakat Tak Takut Dengan Kami
Seorang Warga Diisolasi di RSMH Palembang, Diduga Suspect Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini