Vaksinasi Covid-19 Belum Dilakukan, Rupiah Ditutup Masuk Zona Merah

Selasa, 5 Januari 2021 16:35 Reporter : Anisyah Al Faqir
Vaksinasi Covid-19 Belum Dilakukan, Rupiah Ditutup Masuk Zona Merah Mata Uang Dolar AS dan Rupiah. ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Sore ini Rupiah ditutup melemah 20 poin di level Rp13.915 dari penutupan sebelumnya di level Rp13.895. Diperkirakan perdagangan besok pagi, Rupiah kemungkinan dibuka melemah di level Rp13.900 - Rp13.960.

Pelemahan Rupiah ini dipicu belum juga keluarnya Emergency Use Authorization (EUA) terhadap vaksin yang sudah datang di Indonesia dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pun dengan sertifikat kehalalan vaksin dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Akibatnya program vaksinasi belum bisa direalisasikan.

"Pelaksanaan vaksinasi yang saat ini masih menunggu BPOM mengeluarkan Emergency Use Authorization maupun Majelis Ulama Indonesia (MUI)," kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi, kepada wartawan, Jakarta, Selasa (5/1).

Padahal, 3 juta vaksin telah dikirimkan ke berbagai daerah. Harapannya bisa meningkatkan kepercayaan diri masyarakat dalam beraktivitas. Aktivitas yang meningkat tersebut turut mendorong kegiatan konsumsi dan daya beli masyarakat menjadi lebih bergerak sehingga target pertumbuhan ekonomi yang sudah direncanakan akan mampu tercapai.

Di sisi lain, pemerintah merasa optimis pertumbuhan akan tercapai karena pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah melewati rock bottom pada kuartal kedua 2020. Kontraksi yang terjadi saat itu minus 5,32 persen dan membaik di Kuartal Ketiga menjadi minus 3,49 persen.

Optimisme pemerintah di angka 5 persen karena berpatokan pada sejumlah lembaga internasional. Namun, angka 5 persen merupakan angka yang cukup tinggi sementara Indonesia saat ini baru memasuki fase pemulihan.

Dia menyarankan agar pemerintah dan masyarakat harus terus mengawal pendistribusian vaksin agar benar-benar sampai ke tujuan. Begitu juga dinamika pandemi covid-19 seperti munculnya stain baru di Inggris dan pengetatan kembali di Thailand dan Jepang.

Baca Selanjutnya: Faktor Eksternal...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini