Usai S&P, Fitch Turut Naikkan Peringkat Kredit Lippo Karawaci Menjadi B-

Senin, 22 Juli 2019 15:15 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Usai S&P, Fitch Turut Naikkan Peringkat Kredit Lippo Karawaci Menjadi B- Ceo Lippo Karawaci, John Riady. ©2019 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) kembali mendapat kenaikan peringkat kredit dari lembaga pemeringkat internasional. Kali ini, Fitch Ratings menaikkan peringkat kredit jangka panjang mata uang asing dan lokal LPKR menjadi 'B-', dari 'CCC+'.

Fitch juga menaikkan peringkat nasional jangka panjang LPKR menjadi 'BB+ (idn)' dari 'BB- (idn)', yang merupakan kenaikan dua tingkat. Prospek peringkat adalah 'Stabil'.

CEO LPKR, John Riady, menyambut peningkatan peringkat oleh Fitch dan S&P. "Status kami sebagai perusahaan yang lebih stabil dan dikelola dengan baik tidak hanya akan mendapatkan kembali kepercayaan para pembeli, tetapi juga akan membangun kemitraan baru yang akan memperluas jangkauan kami ke lebih banyak orang Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (22/7).

"Kami sadar akan banyaknya tantangan di masa depan, namun kami akan tetap bijaksana dalam memanfaatkan peluang-peluang usaha yang muncul di bisnis hunian," tambahnya.

Fitch menyatakan bahwa penguatan likuiditas LPKR serta terbatasnya risiko pembiayaan kembali sebagai dua dari beberapa faktor utama di balik peningkatan peringkat tersebut. LPKR saat ini memiliki fleksibilitas pembiayaan yang memadai untuk memenuhi biaya operasional, beban bunga dan pembayaran utang pada saat jatuh tempo hingga akhir 2020.

Fitch belum memperhitungkan faktor penjualan Lippo Mall Puri ke dalam hal pemeringkatan tahun 2019, tetapi beropini bahwa hasil bersih dari penjualan tersebut dapat memperkuat likuiditas LPKR yang mana akan membantu Perseroan untuk memenuhi biaya operasional serta kewajiban pembayaran utang hingga akhir 2021.

Peningkatan kredit oleh Fitch terjadi tidak lama setelah S&P Global Ratings (S&P) menaikkan peringkat kredit jangka panjang Lippo Karawaci menjadi 'B-' dari 'CCC +' dengan prospek 'Stabil'.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini