Usai PON XX Papua, PLN Siap Suplai Listrik di World Superbike

Senin, 18 Oktober 2021 11:01 Reporter : Merdeka
Usai PON XX Papua, PLN Siap Suplai Listrik di World Superbike PLN Suplai Listrik World Superbike di Mandalika. ©2021 Istimewa

Merdeka.com - PT PLN telah dinilai sukses menjaga suplai listrik pada gelaran PON XX Papua lalu. Kini, PLN tengah bersiap menyuplai listrik ke gelaran World Superbike di Mandalika.

Unit Induk PLN Nusa Tenggara Barat berhasil menuntaskan seluruh persiapan kelistrikan yang akan menyuplai Jalan Kawasan Khusus The Mandalika atau Mandalika International Street Circuit (MISC). Hal ini ditandai dengan keberhasilan serangkaian commissioning test yang telah dilakukan sejak awal September 2021.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara, Syamsul Huda menjelaskan, commissioning test ini merupakan tahap akhir dari seluruh rangkaian persiapan PLN melistriki MISC. Commissioning test ini wajib dilakukan untuk menguji seluruh aspek dari komponen atau peralatan yang terbangun, yakni ketahanan, fungsi peralatan, dan lainnya.

Sebelumnya, PLN telah merampungkan seluruh pekerjaan fisik untuk infrastruktur kelistrikan yang akan menyuplai MISC di akhir bulan Agustus 2021.

"Hasil pengujiannya, peralatan PLN yang telah terpasang layak untuk dioperasikan. Artinya, PLN sudah 100 persen siap untuk melistriki gelaran internasional World Superbike (WSBK) November mendatang," ujar Huda dalam keterangan resmi, Senin (18/10).

Sementara itu, dari sisi kecukupan daya, sistem kelistrikan Lombok, yang akan menyuplai MISC, dalam kondisi aman. Rata-rata beban puncak adalah 270 MW dan daya mampu yang tersedia adalah 376,8 MW.

"Masih ada cadangan daya 106 MW. Sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di NTB. Tidak hanya untuk WSBK, namun kami juga siap untuk seluruh infrastruktur pendukungnya," ujar Huda.

Khusus untuk WSBK 2021 dan MotoGP yang akan dihelat pada 2022, PLN telah mempersiapkan skenario Zero Down Time, yakni sistem suplai listrik berlapis. Sehingga listrik di kawasan Mandalika andal dan berkualitas dan tidak mengalami gangguan, walaupun hanya sesaat.

MISC merupakan pelanggan PLN yang dilayani dengan daya 5,19 MVA dan akan disuplai dari 3 jalur utama listrik sehingga semakin andal. "Terima kasih kepada seluruh stakeholder terkait, terutama ITDC yang merupakan pelanggan kami. Tentunya seluruh upaya ini tidak akan terwujud tanpa sinergi yang baik dari seluruh pihak," ujar Huda.

Selain tiga jalur kelistrikan yang saat ini sudah siap beroperasi, PLN juga telah menyiapkan perangkat berupa Uninterruptible Power Supply yang saat ini masih dalam proses untuk mewujudkan Zero Down Time. "Ini merupakan komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Tentunya supaya gelaran WSBK dapat berjalan aman dan lancar untuk Mandalika mendunia," tambah Huda.

Reporter: Arief Rahman H.

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Pengguna PLN Mobile Ditarget Capai 15 Juta, Ini Fitur Paling Banyak Digunakan
PLN Buka Donasi untuk Salurkan Listrik ke Masyarakat Tak Mampu, Begini Cara Ikutnya
Promo Sampai 31 Oktober, ini Cara Tambah Daya Listrik Cuma Bayar Rp202.100
Erick Thohir Tinjau Pemanfaatan Lahan Kosong Masjid Jadi Kebun Organik
Proyek Kelistrikan di Pasuruan Rampung, PLN Klaim Bisa Hemat Rp78 M
Listrik di 3 Wilayah Terdampak Kebakaran Gardu Kebon Jeruk Masih Padam

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini