Untung Indonesia punya peringkat investment grade

Kamis, 26 Mei 2016 07:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Untung Indonesia punya peringkat investment grade Ilustrasi bahagia. ©Shutterstock/solarseven

Merdeka.com - Lembaga pemeringkat Fitch Ratings (Fitch) mengafirmasi peringkat Indonesia pada level layak investasi (investment grade) pada 23 Mei 2016. Fitch memberikan afirmasi Sovereign Credit Rating Republik Indonesia pada BBB-/stable outlook.

Seperti dikutip dari situs Setkab, beberapa faktor kunci yang mendukung keputusan tersebut adalah beban utang pemerintah yang rendah, prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik, dan risiko sektor perbankan yang rendah.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodojonegoro mengaku senang dengan penetapan Indonesia sebagai negara layak investasi oleh lembaga pemeringkat Internasional Fitch Rating.

"Asal lebih baik, kami senang," ujar Bambang di Hotel Grand Hyatt, Jakarta.

Menteri badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno bahkan sesumbar bahwa Indonesia bisa mengantongi predikat investment grade dari semua lembaga pemeringkat pada Juli mendatang. Saat ini hanya Standard & Poor's yang belum mengganjar Indonesia dengan predikat laik investasi. Indonesia kehilangan predikat laik investasi dari S&P pada 2013 lalu.

"Di pertengahan bulan Juni S&P bisa meningkatkan peringkatnya menjadi investment grade," ujar Menteri Rini.

Lalu apa sebetulnya keuntungan Indonesia dengan mengantongi predikat ini? Berikut merdeka.com akan merangkumnya untuk pembaca.

1 dari 4 halaman

Tarik investasi

Ilustrasi Investasi. ©2014 Merdeka.com

Dewan Perwakilan Rakyat menilai predikat layak investasi menjadikan Indonesia semakin menarik untuk investor asing. Sebab, risiko investasi di Indonesia dianggap sudah berkurang.

"Mudah-mudahan ini akan menjadi referensi buat investor asing untuk menanamkan modalnya di tanah air," kata Ketua Komisi XI DPR-RI Ahmadi Noor Supit, Jakarta.

2 dari 4 halaman

Utang untuk pembangunan

Ilustrasi pembangunan. ©2016 Merdeka.com

Ketua Komisi XI DPR-RI Ahmadi Noor Supit mengatakan status itu membuat ongkos pemerintah menerbitkan surat utang menjadi enteng. Adapun dana hasil penerbitan surat utang bisa digunakan untuk memercepat pembangunan infrastruktur, membuka lapangan kerja, dan menggenjot perekonomian.

"Ini bukan soal utang tapi uangnya bisa buat rakyat sejahtera, seperti pembangunan infrastruktur atau kegiatan yang menampung untuk tenaga kerja," katanya.

"Investasi untuk sektor riil akan membuka banyak lapangan kerja. Karena obligasi pasti akan berpengaruh pada sektor riil."

3 dari 4 halaman

BUMN pede keluarkan obligasi

Ilustrasi BUMN. ©2014 Merdeka.com

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan dengan adanya peringkat ini, maka perbankan maupun korporasi BUMN diharapkan bisa memanfaatkan hal ini untuk menerbitkan surat utang (obligasi) di pasar keuangan. Sehingga, keuangan BUMN bisa lebih mandiri dan tidak bergantung pada perbankan.

"Ini juga dorongan untuk kami di Kementerian BUMN bagaimana kalau investment grade bisa dicapai dari 3 pemeringkat dunia, BUMN bisa manfaatkan ini," kata Rini di gedung Bank Indonesia, Jakarta.

4 dari 4 halaman

Pengelolaan ekonomi Indonesia diakui dunia

Ilustrasi berinvestasi. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Nonwarit

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo menyatakan, keputusan Fitch untuk mempertahankan posisi Indonesia pada Investment Grade menegaskan kemampuan ekonomi Indonesia untuk tumbuh solid ditopang oleh kemampuan adaptasi yang tinggi dalam menghadapi tantangan domestik maupun global.

"Hal ini menunjukkan Indonesia melakukan kebijakan yang tepat untuk menjaga stabilitas sekaligus mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dengan struktur yang lebih sehat," kata Agus.

Gubernur BI itu juga menekankan, bahwa Pemerintah Indonesia juga terus menunjukkan komitmennya untuk melakukan reformasi struktural melalui penerbitan Paket Kebijakan Ekonomi IXII antara lain guna memperbaiki iklim investasi, seperti izin investasi 3 jam yang merupakan bagian dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). [bim]

Baca juga:
DPR nilai investment grade bikin RI kian seksi buat investor asing
Pemerintah Jokowi bakal pangkas izin sektor migas dari 104 jadi 3
Sudirman Said akui pemberian insentif investasi migas masih minim
Peringkat investment grade bikin BUMN berani terbitkan obligasi
Awal 2016, realisasi investasi sektor internet tembus USD 5,2 juta
Menko Darmin: Investasi migas merosot 2 tahun karena kebijakan kita
Sejak dipimpin Jokowi, investasi dari Spanyol melejit 300 persen

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini