Uji Coba Bahan Bakar Alternatif, Boeing Sukses Turunkan 75 Persen Emisi CO2

Rabu, 23 September 2020 15:03 Reporter : Merdeka
Uji Coba Bahan Bakar Alternatif, Boeing Sukses Turunkan 75 Persen Emisi CO2 Boeing 777. ©2020 Merdeka.com/amazon.com

Merdeka.com - Boeing dan Etihad Airways telah menyelesaikan pengujian pada program eco Demonstrator 2020. Program ini ialah penerbangan lintas negara menggunakan campuran 50/50 bahan bakar jet tradisional dan energi baru terbarukan.

Vice President Boeing, Mike Sinnett, mengatakan, program eco Demonstrator menguji teknologi terbaru untuk menghasilkan penerbangan yang lebih tenang, lebih bersih, serta lebih lama.

"Ini adalah langkah maju yang monumental bagi sektor ini untuk membuktikan kelangsungan produksi campuran 50/50 bahan bakar penerbangan berkelanjutan," ungkapnya pada webinar, Rabu (23/9).

Langkah tersebut juga dinilai berhasil menurunkan emisi CO2 hingga 75 persen dari bahan bakar jet biasa.

Dia menambahkan, bahan bakar alternatif terbukti dan berfungsi di pesawat. Tetapi pasokannya masih sangat terbatas.

"Dengan memanfaatkan insentif rendah karbon dari pemerintah, dapat mempercepat produksi dan penggunaan dalam industri yang bergantung pada bahan bakar cair," ungkapnya.

Sebelumnya, program eco Demonstrator Boeing tahun ini juga mengevaluasi empat proyek untuk mengurangi emisi dan kebisingan serta meningkatkan keselamatan dan kesehatan penumpang dan awak.

"Selain bahan bakar ramah lingkungan, kami juga membuat tiga program lainnya yang sudah diuji dan diteliti oleh ahli seperti, rendah bising untuk masyarakat, efisiensi ruang udara dan operasional, dan desinfektan di dalam pesawat menggunakan tongkat ultraviolet dari lapisan anti-mikrobial," tuturnya.

Baca Selanjutnya: GAPKI Gandeng Lion Air Kembangkan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini