Tips Hemat Lebaran (3)

Uang tambahan buat Lebaran

Kamis, 2 Juli 2015 09:04 Reporter : Saugy Riyandi
Uang tambahan buat Lebaran Bandara Soekarno Hatta dipadati pemudik. ©2013 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Ramadan datang satu paket dengan menjamurnya bisnis musiman. Umumnya bisnis kuliner yang dilakoni para pelaku usaha kecil menengah (UKM). Hampir di sepanjang jalan di pelbagai sudut kota lahir pedagang makanan atau takjil. Ada pula yang mulai menawarkan pemesanan kue Lebaran. Belum lagi mereka yang menjual pakaian, baju koko, jilbab dan lainnya.

Mereka menjalankan bisnis musiman dengan satu tujuan yang sama. Memperoleh pendapatan lebih dengan memanfaatkan tingginya konsumsi masyarakat saat Ramadan. Bisnis mereka laris seiring konsumtifnya masyarakat.

Perencana Keuangan Eko Endarto melihat cara tradisional ini sebagai bagian dari siasat atau strategi untuk memenuhi tingginya kebutuhan uang saat Lebaran.

"Itu kan usaha musiman. Bisa untuk tambahan pendapatan pas Lebaran," ujar Perencana Keuangan Eko Endarto kepada merdeka.com di Jakarta, Senin (29/6).

Meski musiman, butuh modal nyali dan kejelian membaca pasar. Faktor pemasaran menjadi kuncinya. Meski menjual produk yang sama dan serupa dengan orang lain, hasilnya akan berbeda tergantung kemampuan dan kejelian dalam marketingnya.

Dalam pandangannya, bisnis musiman berupa menjual makanan takjil, kue Lebaran atau pakaian islami, masuk kategori tradisional. Terlalu banyak pemain di bisnis ini yang membuat persaingan sangat ketat. Keuntungan pun tidak terlalu besar.

Jika masyarakat jeli, sesungguhnya ada bisnis lain yang lebih modern dan berpotensi mendapat untung lebih besar. Eko menjelaskan, mereka yang berbisnis travel agen, penjualan tiket pesawat atau kereta, justru bakal meraup untung besar memanfaatkan tradisi mudik ke kampung halaman.

Harga tiket pesawat dan moda transportasi lain naik drastis di saat Ramadan dan jelang Lebaran. Tingginya kebutuhan masyarakat mendapatkan tiket mudik, otomatis berpengaruh pada bisnis agen travel.

"Kebutuhan tiket itu meningkat selama Lebaran. dan pasti mereka pun mendapatkan tambahan dari penjualan tiket tersebut," kata dia. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini