Turunkan Harga Tiket Pesawat, INACA Minta Program Avtur Satu Harga

Kamis, 26 Desember 2019 20:06 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Turunkan Harga Tiket Pesawat, INACA Minta Program Avtur Satu Harga Konsumsi avtur meningkat. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Indonesia National Air Carriers Association atau INACA meminta pemerintah untuk melakukan pemerataan harga avtur atau bahan bakar pesawat. Sebab, saat ini harga avtur dalam negeri tidak sama.

Ketua umum INACA, Denon B Prawiraatmadja, mengatakan avtur menjadi salah satu komponen yang mempengaruhi harga tiket pesawat. Jika ada pemerataan harga, diharapkan harga tiket pesawat dapat ditekan.

"Kalau cost komponennya bisa turun, tentu harga tiket diharapkan bisa turun," kata dia saat ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (26/12).

Dia menjelaskan harga avtur di wilayah Indonesia Timur lebih mahal dibanding wilayah lainnya. "Jadi nanti kita lihat, apakah di beberapa bandara di Timur, khususnya disparity harganya cukup tinggi, ini masih menjadi kajian bagaimana caranya bisa sama dengan harga avtur yang ada di Jakarta. Harapannya tahun depan sudah bisa diimplementasikan," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Avtur Pembentuk Terbesar Harga Tiket Pesawat

Dia berharap hal ini bisa segera diimplementasikan mengingat harga avtur memiliki porsi paling besar dalam komponen biaya pengeluaran penerbangan.

"Komponen biaya yang menjadi sensitif, pertama, currency exchange (nilai tukar) dan kedua avtur. Nah yang menjadi concern pemerintah adalah bagaimana caranya supaya avtur yang menjadi cost komponen pokok ini yang menjadi studi," ujarnya.

Kendati demikian dia mengaku belum mengetahui persis berapa persen penurunan harga tiket pesawat jika pemerataan harga avtur sudah diimplementasikan. Sebab menurutnya hal itu memerlukan kajian yang lebih lanjut lagi.

"Yang pasti kita sebagai asosiasi sudah menyampaikan ada disparity harga di Timur. Nah ini akan ada kajian bagaimana menghadirkan avtur supaya lebih kompetitif. Jadi, dengan adanya mungkin kompetisi di avtur ini diharapkan harga yang ditawarkan oleh operator penerbangan bisa lebih kompetitif," tutupnya.

[bim]

Baca juga:
Diskon Harga Avtur 20 Persen Diharapkan Turunkan Tarif Tiket Pesawat
Kemenhub Minta Maskapai Pangkas Rute Penerbangan Sepi Penumpang
Libur Natal Dan Tahun Baru, Pertamina Beri Diskon Avtur 20 Persen di Indonesia Timur
Pengusaha Sebut Ada Perusahaan BUMN Hambat Swasta Jual Avtur di Indonesia
Erick Thohir: Swasta Produksi Avtur Welcome Saja
Luhut Soal Swasta Mau Jual Avtur: Tidak Ada Masalah
Buat Harga Tiket Pesawat Murah, Menhub Kembali Minta Pertamina Turunkan Harga Avtur

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini